Fashion

Suka Bilang Lagi Stres, Ada Dampak Kesehatannya Lho

Linda Teti Silitonga
Sabtu, 29 Juni 2013 - 14:31
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA— Sering mengatakan tengah dilanda stres, ternyata  tidak menguntungkan bagi kondisi tubuh. Untuk itu  patut diwaspadai.

Peneliti Prancis mengemukakan orang yang sering menyatakan "saya sangat stres", kemungkinan bisa berisiko serangan jantung lebih tinggi.

Peneliti Prancis menyiarkan temuan itu di European Heart Journal. Kesimpulannya, orang yang percaya mereka tengan dilanda stres, justru akan mempengaruhi kesehatan.

Dampaknya bisa menghadapi risiko dua kali lipat untuk mengalami serangan jantung dibandingkan dengan orang yang berpendapat ia tidak stres.

"Ini menunjukkan pendapat orang dan kenyataan tampaknya sangat berkaitan," kata pemimpin peneliti Herman Nabi, dari Institut Nasional Prancis bagi Penelitian Medis dan Kesehatan, melalui surel kepada Yahoo! Shine, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (29/6/2013).

Para peneliti menyimpulkan hal tersebut setelah melakukan penelitian pada 7.268 pria dan wanita.

Kepada responden ditanyakan seperti seberapa jauh menganggap stres atau tekanan yang telah dialami dalam hidup yang memiliki pengaruh pada kesehatan.

Responden juga diminta untuk menunjukkan tingkat stres mereka dan faktor lain, termasuk kebiasaan merokok, minum alkohol, makanan, olah raga, dan kondisi kesehatan yang sudah ada seperti diabetes.

Orang yang menjawab pertanyaan "banyak", atau "sangat banyak" memiliki risiko 2,12 kali lebih tinggi untuk terserang atau meninggal akibat serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang berpendapat stres tidak mempengaruhi kesehatan mereka.

"Tujuan utama kami dalam penelitian ini ialah untuk memperlihatkan persepsi orang mengenai bagaimana dampak stres pada kesehatan mereka itu sah, dan mesti dipertimbangkan dalam penelitian masa depan serta penetapan klinik," kata Herman Nabi.

Dia juga mengatakan temuan tersebut berujuan memperlihatkan bahwa reaksi terhadap stres sangat berbeda antara individu. Pada kenyataannya, satu situasi yang penuh tekanan buat seseorang tidak dirasakan dengan tingkat  dengan orang lain. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Others
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro