Fashion

Kenali Rematik Sejak Dini

Deliana Pradhita Sari
Minggu, 3 November 2013 - 06:14
Bagikan

1. Tanda Menderita Rematik

Bisnis.com, JAKARTA— Dokter Andry Reza Rahmadi, spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.mengatakan mengungkapkan ciri ciri dari penyakit arthritis rheumatoid adalah bagian badan yang membengkak dan hangat, nyeri serta kaku ketika digerakkan.

Penyakit arthritis rheumatoid (AR) yang sering disebut rematik tersebut, paparnya, juga bersifat simetris yakni saat anggota tubuh bagian kanan sakit, bagian kiri pun merasakan hal serupa.

AR kerapkali menyerang persendian di siku-siku, jari-jari tangan, pergelangan tangan dan kaki. Gejala sendiri dimulai dari demam, nafsu makan berkurang, berat badan menurun sedikit demi sedikit, lemah dan anemia.

Andry menambahkan selain masalah fisik, penderita AR juga rentan mengalami depresi akibat rasa nyeri yang membuat penderita sulit beraktifitas. Lebih dari 60%, katanya, penderita AR tidak dapat bekerja secara normal dalam kehidupan seharihari.

Menurutnya, hal itu berdampak negatif secara signifikan terhadap kualitas hidup. Penyakit ini juga mengurangi harapan hidup hingga 3-7 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bisnis Indonesia Weekend 3 November 2013
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro