Ilustrasi/Bisnis.com
Show

BKKBN Gelar Kompetisi Komedi Genre Soal Pernikahan Ideal

Rahmayulis Saleh
Selasa, 26 November 2013 - 19:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyampaian pesan melalui olahan kata-kata berupa lawakan dengan bahasa yang ringan, dinilai efektif sebagai sarana sosialiasi kepada masyarakat, terutama bagi kalangan remaja.

Untuk mensosialisasikan program pendewasaan usia perkawinan di kalangan remaja, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mengadakan acara Komedi Genre, sebuah pentas komedi generasi berencana.

Adi wahyono, Kasubdit Pengembangan Advokasi KIE BKKBN, mengatakan Komedi Genre ini merupakan suatu wadah bagi para komedian nusantara untuk berkompetisi.

Tema utamanya adalah Pernikahan Ideal (di atas 20 tahun untuk wanita dan di atas 25 tahun untuk pria), sebagai gerbang mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera, sebagai materi komedi mereka.

Menurut Adi, kompetisi Komedi Genre ini diikuti oleh remaja di Indonesia. Tujuannya untuk menyiasati agar. Informasi terkait kesehatan reproduksi tidak tenggelam di dalam derasnya arus informasi dan pesan politik, serta gegap gempita kampanye politik di negeri ini.

Kegiatan ini, lanjutnya, dibagi menjadi 2 tahap. Pertama, tahap audisi yang diadakan di 10 kota. Yaitu di Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Makassar, dan Denpasar. Acara berlangsung 26-28 November.

Selain audisi secara langsung, katanya, juga dibuka jalur bagi peserta yang mengirimkan materi komedi, berupa relaman CD/DVD. Peserta yang lolos dari tahap audisi akan maju ke tahap dua.

Grand final akan berlangsung di Piazza Gadaria City, Jakarta, pada 6 Desember 2013. Peserta bisa mengembangkan kreativitas melalui komedi, baik solo atau duo. Para peserta dibagi menjadi dua kategori usia, yaitu 17-21 tahun dan 22-26 tahun.

Dia menuturkan pendaftaran sudah dibuka sejak 18 November, dan berhasil menarik ratusan peserta. Pada akhir audisi di tiap kota, para juri akan memilih satu pemenang dari masing-masing kategori, untuk ikut grand final.

"Melalui kegiatan Komedi Genre ini, diharapkan program BKKBN bisa menyentuh berbagai lapisan masyarakat, terutama remaja," kata Adi di sela-sela udisi Komedi Genre untuk Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Menurutnya, generasi berencana adalah program BKKBN yang ditujukan bagi pemuda pemudi nusantara, untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga yang terencana dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro