Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hening Sejenak Bisa Hadirkan Kebahagiaan

Meluangkan waktu sejenak untuk hening diam diri ternyata banyak manfaatnya, antara lain bisa menghilangkan rasa panik dan stres, sekaligus menciptakan kebahagiaan.
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 06 Desember 2013  |  03:16 WIB

Bisnis.com, JAKARTA— Meluangkan waktu sejenak untuk hening diam diri ternyata banyak manfaatnya, antara lain bisa menghilangkan rasa panik dan stres, sekaligus menciptakan kebahagiaan.

Pengalaman ini disampaikan oleh Adjie Silarus, meditator yang cukup terkenal, dalam bukunya Sejenak Hening: Cara sadar dan sederhana hidup bahagia.

“Dalam era keriuhan, kita butuh keheningan sejenak. Keheningan sejenak mengajarkan kita untuk kembali mengenali diri. Keheningan memberikan tawaran kesempatan bagi diri untuk kembali sadar, bahwa banyak keping kebahagiaan yang telah kita lepas begitu saja. Kita kehilangan banyak sadar untuk menikmati hari-hari dengan penuh kedamaian dan kenikmatan,” tulisnya.

Buku dengan 310 halaman yang diluncurkan beberapa waktu lalu ini, berisi tentang meluangkan waktu sejenak untuk diam, tetapi merupakan pergerakan untuk tenang. “Karena saat ada tenang, akan ada yang menemanimu untuk menang,” kata Adjie.

Menurut dia, seseorang kini berada dalam era keriuhan. “Kita ditarik secara tak sadar ke dalam dua kehidupan: maya dan nyata. Sebagai makhluk sosial, kita hampir-hampir melupakan diri sendiri, karena harus berada dalam dua dunia itu untuk memenuhi segala panggilan tuntutan keeksisan,” ungkapnya.

Bersejenak dalam hening, lanjutnya, mengantarkan seseoang kepada ketaktergesa-gesaan untuk menyikapi hari demi hari dengan ambisi yang menggalaukan, dan kenangan masa lalu yang mencekam langkah untuk menggamit banyak kebaikan di masa depan. Hingga diri terlupa bahwa hari ini tercipta untuk dimaksimalisasi indahnya.

“Berheninglah sejenak. Bersejenaklah dalam hening. Akan banyak makna dan keindahan dalam hidup yang kita dapatkan,” ungkap laki-laki yang sering menjadi meditator, konsultasi, dan memberi pelatihan mengenai cara mengurangi stres, menjadi lebih cerdas emosi, hidup sadar, dan fokus di berbagai perusahaan.

Adjie adalah seorang meditator lulusan dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dengan predikat cumlaude. 

Dia sudah mengikuti latihan meditasi kesehatan, menyelesaikan OMM365, yaitu selama 1 tahun mempelajari mengenai One Moment Meditation, menguasai dan memahami tentang meditative mind, serta mindfulnessDia menuangkan semua pengetahuan dan pengalam hidupnya dalam bukunya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top