Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir dan Macet, Pelaku Industri Sulit Jual Paket Wisata Jakarta

Meski dari sisi sarana dan prasarana Jakarta terbilang lengkap, namun semua itu seakan menjadi tak ada artinya bagi pelaku industri pariwisata ketika datang musim banjir dan macet yang mewabah.
Banjir di Jakarta /bisnis.com
Banjir di Jakarta /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Meski dari sisi sarana dan prasarana Jakarta terbilang lengkap, namun semua itu seakan menjadi tak ada artinya bagi pelaku industri pariwisata ketika datang musim banjir dan macet yang mewabah.

Pelaku industri pariwisata menyatakan kesulitan menjual paket wisata di Jakarta dalam beberapa waktu terakhir karena macet dan banjir.

"Kami terus terang bingung dan pusing mau 'jual' Jakarta sekarang ini," kata Vice Chairman Asosiasi Biro Perjalanan dan Wisata (Association of The Indonesian Tours & Travel Agencies/ASITA) Jakarta Chapter, Rudiana di Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Dia mengatakan meski dari sisi sarana dan prasarana Jakarta terbilang lengkap, persoalan klasik terkait dengan banjir dan macet menjadi kendala yang sangat menghambat.

Rudiana mencontohkan kebijakan Pemerintah Provinsi Jakarta untuk mendatangkan lima bus pariwisata terancam tidak bisa beroperasi optimal karena dihadang kemacetan yang luar biasa.

"Jakarta memang oke dengan adanya terobosan mendatangkan lima bus pariwisata yang akan beroperasi per Februari ini, tapi dalam kemacetan seperti ini apa bisa optimal," katanya seperti dikutip Antara.

Meskipun rencananya bus-bus tersebut akan beroperasi dengan memanfaatkan jalur-jalur busway tetapi masih banyak yang titik belum steril atau terancam macet.

Pria yang juga Sales & Marketing Director Wita Tour itu berpendapat pada dasarnya Jakarta sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata MICE (Meeting Incentives Conference & Exhibition) dan wisata belanja.

"Namun, kembali lagi sarana dan prasanara menjadi domain utama dalam mengggerakkan roda pariwisata di sini," katanya. Hal itu berarti bahwa keberadaan fasilitas yang baik tidak bisa dimanfaatkan dengan optimal jika sarana pendukung yang dibutuhkan tidak bekerja dengan semestinya.

Oleh karena itu ia berharap semua pihak khususnya pemerintah untuk menyusun rencana strategis yang aplikatif dan tidak berhenti hanya sekadar wacana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler