Travel

Asita Jawa Tengah Incar Potensi Bali Beyond

Ana Noviani
Rabu, 12 Februari 2014 - 20:03
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Agen perjalanan wisata di Jateng mengincar potensi bergulirnya wisatawan mancanagara dari program Bali Beyond.

Ketua Assosiation of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Jawa Tengah Joko Suratno menuturkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Jateng akan relatif stabil pada 2014. Gelaran Pemilu diproyeksi tidak menyurutkan minat wisman ke Jateng.

"Wisman tidak ada pengaruh. Kalau bertahan seperti tahun lalu sudah bagus. Saya cek yang dari cruise justru bertambah jadi 17 pelayaran," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (12/2/2014).

Pada tahun ini, lanjut Joko, Asita Jateng akan bekerjasama dengan Asita Bali untuk mempersiapkan program wisata Bali Beyond di Semarang dan daerah lain sekitar Jateng.

"Selama ini kan Bali Beyond itu baru Komodo, Lombok, dan Bromo. Bagi Asita, kita mau jalin kerjasama dengan travel agent Bali untuk menjual paket wisata Jateng pada wisatawan yang berkunjung ke Bali," katanya.

Bali dianggap sebagai pintu masuk wisman ke Jateng yang cukup potensial. Apalagi saat ini rute penerbangan Semarang-Bali PP sudah disediakan oleh dua maskapai penerbangan, yakni Garuda Indonesia dan Wings Air.

"Mei kami undang Asita Bali untuk memetakan destinasi mana di Jateng yang cocok untuk wisman dari negara mana. Misalnya, Bandungan itu cocok untuk wisman Prancis," tutur Joko.

Berdasarkan data BPS, jumlah wisma  yang berkunjung ke Jateng via bandara Adi Soemarmo Surakarta pada 2013 mencapai 18.186 orang atau turun 15,8% dibandingkan tahun sebelumnya, 21.612 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro