Pesawat Helikopter Hawk /ilustrasi
Ekspo

Kalbar Gelar Pontianak Air Show, Ini Daya Tariknya

Fatkhul-nonaktif
Kamis, 27 Februari 2014 - 16:18
Bagikan

Bisnis.com, SUNGAI RAYA - Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis membuka sekaligus mengharapkan kegiatan Pontianak Air Show yang digelar di Lanud Supadio Kabupaten Kubu Raya dapat lebih memperkenalkan Kalbar pada dunia internasional.

Pontianak Air Show berlansung hari ini Kamis - Minggu (27 Februari - 2 Maret 2014)

"Pontianak Air Show ini tidak hanya dihadiri oleh kalangan dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri, sehingga kami harap bisa lebih memperkenalkan Kalbar di mata dunia," kata Cornelis saat membuka secara resmi kegiatan Pontianak Air Show 2014 di Sungai Raya, Kamis (27/2/2014).

Gubernur mengatakan meski kondisi bandara yang bergelombang, namun pihaknya bersama Lanud Supadio berani menggelar kegiatan itu. "Ini tentu menjadi kebanggaan warga Kalimantan Barat. Karena air show ini pertama kali dilaksanakan di luar Jawa."

Kegiatan ini juga diharapkan menumbuhkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pertahanan udara bagi NKRI. Hal yang lebih penting, penerbangan perintis yang ada sebelumnya bisa dihidupkan kembali, sehingga semakin banyak pihak ketiga yang mau menyediakan jalur penerbangannya.

"Sudah ada beberapa perusahaan penerbangan asing yang menghubungi saya untuk membuka jalur penerbangan ke Singapora, Brunei, dan Kuala Lumpur," ucap Gubernur seperti dkutip Antara.

Pada acara ini pengunjung dapat mengenal lebih dekat sejumlah alusista TNI seperti pesawat tempur hawk, Helikopter dan tank; teknologi dirgantara sipil seperti pesawat aero modeling, air charter, pesawat komersil dari perusahaan penerbangan domestik dan internasional.

Selain didukung oleh Pemda Se Kalbar, TNI, Polri, Kejaksaan dan sponsor, even ini juga didukung oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), Angkasa Pura II dan PT Greenlite Kreasi Abadi.

Panitia juga menyediakan sejumlah informasi perihal pendidikan kedirgantaraan seperti sekolah penerbangan dan awak kabin, teknologi informasi serta produk kemiliteran.

“Tentu saja, tidak bisa dilupakan atraksi di udara antara lain oleh elang khatulistiwa dan para penerbang FASI hingga demo terjun payung, Hawk 100/200 elang khatulistiwa akan menampilkan demo serangan udara langsung dan berbagai atraksi udara menarik lainnya” kata Kolonel Penerbang Novyan Samyoga, seperti dikutip situs resmi Pemprov Kalbar.

Selain itu untuk menyemarakkan suasana rencananya sejomlah lomba akan digelar di sela pameran seperti photograpy air show, lomba mewarnai gambar dan tentunya juga akan ada photo corner, dimana pengunjung bisa melakukan foto di area pesawat tempur dengan menggunakan seragam TNI AU.

Novyan mengatakan Pontianak Air Show dilaksanakan sebagai rangkaian dari HUT Pemprov Kalbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro