Rio Silaen
Showbiz

Opera Batak Versi Modern Tampil di Jakarta

Feri Kristianto
Minggu, 9 Maret 2014 - 21:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Rio Silaen, seniman yang sudah melahirkan banyak karya di berbagai negara, kembali mengangkat Opera Batak : Senandung Kampung Halaman dalam situasi yang sesuai saat ini dengan memadukan lagu, musik, tarian, dan seni peran pada Minggu (9/3/2014) di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta.

Opera Batak: Senandung Kampung Halaman bercerita tentang Tagor, seorang pemuda Batak yang menghabiskan masa kecilnya di kampung dengan membantu orangtuanya yang hidup susah. Setelah menyelesaikan sekolah, Tagor mencoba peruntungannya dan hijrah ke Jakarta.

Karya Rio Silaen diperankan oleh Paulus Simangunsong, Sri Rakhmawati, pemain senior Jajang C Noer, dan ensemble: Voice of Indonesia – Show Choir. Sebanyak 15 lagu-lagu Batak, seperti O Tano Natak, Alusi Au, Borhat Ma Da Inang, Pulo Samosir, Anakkonki do hamoraon di Ahu yang ditampilkan juga turut membawa atmosfir kerinduan akan kampung halaman dan dilema yang dialami oleh sang tokoh utama.

Sampai tahun 1980-an, Opera Batak merupakan hiburan yang ditampilkan di tengah lapangan terbuka yang sangat diminati masyarakat. Alat musik yang digunakan di Opera Batak adalah alat-alat musik tradisional seperti serunai, kecapi, garantung, odap dan hesek. Untuk pertunjukan di Galeri Indonesia Kaya ini, pengunjung akan menyaksikan Opera Batak: Senandung Kampung Halaman, dikemas secara modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro