Adanya interaksi langsung antara pengunjung dengan beberapa jenis hewan, pihak pengelola TMS Ragunan berharap dapat  memunculkan rasa empati dan cinta manusia kepada satwa. /bisnis.com
Travel

Wahana Gajah Tunggang Selalu Menjadi Primadona TMS Ragunan

Fatkhul-nonaktif
Senin, 10 Maret 2014 - 03:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Wahana dan atraksi satwa selalu menyedot perhatian lebih dari pengunjung di taman marga satwa dan Kebun binatang. Tak terkecuali di Taman Marga Satwa (TMS) Ragunan. Saat Bisnis berkunjung ke sana, tampak antrian mengular khususnya di Wahana Gajah Tunggang.

Di arena Gajah Tunggang, terlihat Melky, Olla, dan Mulyani melenggok gemulai. Mereka adalah Gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatranus) dewasa yang sudah terlatih melayani pengunjung yang ingin menungganginya.

Lintasan sepanjang kurang lebih 25 meter dengan lebar 5 meter, bagai cat walk bagi mereka. Sesekali mereka beristirahat untuk menyantap rumput dan menengak air yang disediakan sang pawang.

Dalam sekali jalan, ketiga gajah tunggang tersebut bisa mengangkut empat orang termasuk sang pawang. Setiap orang yang ingin menaiki gajah tersebut hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 7500,00.

Kepala Humas TMS Ragunan Wahyudi Bambang mengamini bahwa wahana dan atraksi satwa gajah tunggang memiliki daya tarik sendiri bagi pengunjung. Menurutnya, interaksi langsung dengan satwa yang tidak biasa ditemui, dapat menimbulkan rasa penasaran.

“Mungkin kalau di lapangan gajah tunggang itu selalu menjadi antrian. Yang sangat diminati itu gajah tunggang. Gak tau karena ukurannya sngat bsar tapi itu sangat menarik bagi pengunjung,” jelas Bambang kepada Bisnis.com.

Pernyataan Bambang pun diakui Khaerudin (40), seorang pengunjung yang menilai wahana gajah tunggang di TMS Ragunan lebih terjangkau jika dibandingkan di tempat lain. Menurut Khaerudin, menunggangi gajah menghasilkan gengsi tersendiri bagi anak-anaknya.

“Biasa naek gajah, di Taman Safari mahal banget di sini murah. Itu jadi daya tarik. Anak kecil juga jadi kebanggaan naik hewan yang langka bisa cerita ke teman-teman,” jelas Khaerudin.

Selain itu, dengan adanya interaksi langsung antara pengunjung dengan beberapa jenis hewan, pihak pengelola TMS Ragunan berharap dapat  memunculkan rasa empati dan cinta manusia kepada satwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro