Ilustrasi/Bisnis.com
Show

Southeast Asian Painting of The Year 2014: Pelukis Antonius Subiyanto Jadi Wakil Indonesia

Deandra Syarizka
Rabu, 29 Oktober 2014 - 01:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seniman lukis asal Jogja Antonius Subiyanto akan mewakili Indonesia untuk meraih gelar Southeast Asian Painting of The Year 2014 di yang akan digelar di Singapura.

Dia terpilih sebagai perwakilan Indonesia setelah berhasil meraih penghargaan UOB Painting of The Year 2014 melalui lukisannya Old Stock Same Menu.

“Di Indonesia ngomongin hedonisme itu bukan isu baru. Jadi sebetulnya saya mengadopsi persoalan purba,” ujarnya menjelaskan konsep lukisannya kepada Bisnis.com, Rabu (28/10/2014).

Anton melukis sifat konsumtif manusia dalam simbol-simbol kuali besar yang di atasnya terdapat benda-benda konsumsi manusia, mulai dari kendaraan, televisi, gadget, dan lain sebagainya.

Dalam lukisannya itu, seniman lulusan ISI Jogja ini menggunakan teknik layering yang membuat lukisannya terlihat bertumpuk. Dia juga menggunakan warna hitam dan hijau sebagai lapisan pertama dan ditumpuk dengan simbol-simbol berwarna kuning yang kian menonjolkan kontras di antara keduanya.

“Ragam surealis ini kita tidak temukan (dalam lukisan peserta lainnya), cukup original,” ujar kurator Jean Couteau menjelaskan alasan lukisan Old Stock Same Menu menjadi pemenang. Dia juga menambahkan, lukisan tersebut menampilkan cara lapis imajiner di atas satu pola dan lainnya yang merepresentasikan imajinasi yang gila, kenaifan, sekaligus unsur surealistis di dalamnya.

Antonius Subiyanto berhasil mengalahkan 1.100 karya dari 580 peserta lainnya dalam ajang yang keempat kalinya diselenggarakan oleh  Bank UOB Indonesia ini. Karyanya dipilih sebagai yang terbaik oleh dewan juri yang beranggotakan para pakar seni rupa seperti kritikus sekaligus kurator seni Agus T. Dermawan, pengamat seni Jean Couteau, dan kolektor sekaligus pengelola galeri Edwin Rahardjo.

Dalam ajang ini, Anton berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp250 juta sekaligus peluang mengikuti program residensi di Fukuoka Art Museum Jepang dan hadiah sebesar US$10.000 bila dia memenangkan penghargaan Southeast Asian Painting of The Year2014.           

Untuk itu, dia harus menang melawan para peraih penghargaan UOB Painting of The Year di tiga negara lainnya yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro