Gunung Papandayan. /Bisnis.com
Travel

Mendaki di Musim Hujan, Siapa Takut?

Rezza Aji Pratama
Sabtu, 27 Desember 2014 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA, - Bagi para pencinta alam, musim penghujan biasanya menjadi masa-masa rehat dari aktivitas petualangan di alam bebas. Wajar memang, aktivitas pendakian gunung di musim tersebut lebih berisiko dari sisi keselamatan. Apalagi bagi pendaki pemula, hiking saat musim hujan tiba sangat tidak direkomendasikan.

Namun, benarkan mendaki gunung di musim hujan harus sepenuh dihindarinya? Meskipun berisiko tinggi, mendaki gunung di saat-saat tersebut sejatinya lebih menantang. Dengan catatan, pendaki bukan merupakan pemula dan harus mempersiapkan segala sesuatunya lebih detil. Berikut tips bagi pecinta alam yang tetap ingin mendaki gunung di musim hujan.

  • Pilihlah gunung yang relatif mudah

Memasuki musim seperti ini, curah hujan di gunung biasanya lebih tinggi. Tak jarang, badai juga datan menghadang. Memilih gunung-gunung yang relatif sulit seperti Semeru dan Rinjani di musim hujan jelas bukan keputusan yang bijak. Selain faktor keselamatan, pemandangan di musim hujan biasanya tertutup kabut sehingga tidak bisa maksimal menikmatinya

  • Persiapkan fisik

Jalur yang lebih becek, resiko terpapar hujan dan badai membuat kegiatan pendakian di musim hujan jauh lebih merepotkan daripada di musim panas. Resiko terkena penyakit hipotermia juga lebih tinggi jika fisik tidak dalam kondisi prima. Jika Anda tidak dalam kondisi fisik yang benar-benar fit, sebaiknya urungkan rencana tersebut.

  • Jika Anda pemula, ajaklah pendaki berpengalaman

Mendaki bersama pendaki senior jelas akan lebih memudahkan. Pendaki berpengalaman biasanya lebih tahu tindakan apa yang perlu diambil saat-saat kritis. Selain itu,mereka juga sudah hafal dengan jalur pendakian sehingga risiko tersesat lebih kecil.

  • Lindungi peralatan dengan kantong anti air

Salah satu perlengakapan yang tidak boleh sampai basah adalah pakaian. Sebab, baju dan celana yang basah akan membuat pendaki rentan terserang hipotermia. Untuk melindunginya, Anda bisa memasukkan pakaian tersebut ke kantong plastik dan menutupnya rapat-rapat. Selain itu, Anda juga harus menggunakan raincover untuk melindungi ransel dari hujan. Perlengkapan terakhir yang tidak boleh tertinggal adalah jas hujan.

  • Jangan berharap banyak pada pemandangan

Salah satu alas an utama orang mendaki gunung adalah untuk menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan. Namun, jika hal itu merupakan satu-satunya alas anda mendaki, sebaiknya tunggu hingga musim hujan berlalu.  

Itulah tips bagi Anda yang ngotot tetap ingin mendaki di musim penghujan. Jika memang tidak memungkinkan, sebaiknya aktivitas tersebut memang ditunda. Percayalah, mendaki gunung di waktu yang tepat akan lebih menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro