Ilustrasi/futuresobright.com
Relationship

TAHUN KAMBING KAYU: Siasati Ekonomi Lewat Saving dan investasi

Redaksi
Minggu, 4 Januari 2015 - 10:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Karakteristik Tahun Kambing Kayu adalah harus lebih memperhatikan pada aspekaspek kecil karena tahun kambing kayu merupakan tahun yang sangat menderita.

Menurut M. Andoko, perencana keuangan keluarga dan President Director OneShildt Financial Planning, mengatakan perubahan keadaan ekonomi harus disiasati dengan saving dan investasi.

Banyak jenis investasi yang bisa dijadikan alternatif.

“Untuk jangka panjang, deposito bisa dijadikan sebuah pilihan,” tutur Andoko.

Hal ini dikarenakan pemerintah menaikan suku bunga deposito menjadi 7,75%. Deposito juga disarankan bagi keluarga yang hendak menyekolahkan anaknya ke luar negeri di tahun ini atau berlibur di pengujung tahun.

Andoko berpendapat pasar modal pun masih menjadi pilihan untuk melakukan investasi pada 2015. Walaupun sempat mengalami penurunan, dipercaya bahwa pasar modal akan kembali stabil.

Kurs dolar AS pun bisa dijadikan sebagai investasi karena beberapa waktu terakhir ini nilai tukar mata uang ini naik dikarenakan pasar modal turun.

Selain dolar, emas pun bisa dijadikan pilihan karena kenaikannya mengikuti dolar AS.

Bagi sebagian orang yang memiliki hobi dan bisa dijadikan uang, menurut Andoko, bisa dijadikan sebagai pendapatan tambahan. Misalnya orang yang memiliki hobi mengajar, bisa menjadi alternatif mengajar sebagai pemasukan tambahan.

Jika tidak ada hobi yang spesifik, membuka usaha kecil-kecilan bisa dijadikan sebagai pilihan.

Hal yang harus diperhatikan bagi setiap keluarga dan individu, mengantisipasi keadaan ekonomi di Indonesia yang fluktuatif, dana darurat menjadi hal yang penting. Selain itu, tabungan pun harus mulai diketatkan demi mengantisipasi segala jenis risiko yang timbul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Sumber : Bisnis Indonesia Weekend (4/1/2015)
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro