Health

7 Tips Agar Bangun Pagi Lebih Menyegarkan

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 6 Februari 2015 - 13:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Jika Anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak setiap malam, sebenarnya adalah hal yang mudah dilakukan, jika Anda mau berusaha.

Sebuah badan penelitian menunjukkan bahwa tidur nyenyak bisa membangun mood yang bagus saat bangun di pagi hari.

Misalnya saja, Anda memiliki kontrol diri yang cenderung lebih kuat, lebih segar, lebih bertenaga, dan lebih bahagia.

Karena itu, penting agar memastikan Anda memiliki waktu tidur yang nyenyak di malam hari. Berikut beberapa tips agar tidur malam Anda nyenyak:

1. Persiapan

Sebelum tidur, pastikan Anda sudah menyiapkan keperluan Anda di pagi hari. Sehingga tidak terburu-buru bangun atau memikirkannya saat sebelum tidur. Seperti menyiapkan bahan-bahan sarapan, pakaian yang hendak dipakai, dan menu makan siang Anda.

2. Atur waktu tidur
Waktu tidur yang ideal adalah 7 sampai 8 jam. Jadi, hindari begadang, dan tidur lebih awal sangat penting untuk memastikan jumlah waktu tidur Anda.

3. Taruh bunga di pinggir tempat tidur

Orang-orang yang melihat bunga di pagi hari disebutkan akan merasa lebih ceria dan energik, menurut sebuah studi Harvard University.

4. Putar musik
Menonton berita setelah Anda bangun membuat diri Anda menjadi stres, hindari hal-hal yang bisa membebani pikiran Anda. Mulailah dengan mendengarkan musik ketika Anda bangun tidur. Penelitian dari Knox College menemukan bahwa mendengarkan musik bisa mendorong suasana hati menjadi lebih baik.

5. Bermalas-malasan

Sesaat Anda bangun, jangan langsung berdiri. Tapi bermalas-malasanlah di tempat tidur setidaknya sleama 5 menit. Itu memberikan waktu bagi Anda untuk beradaptasi dengan pagi Anda.

6. Minum air putih atau jeruk lemon
waktu tidur membuat tubuh Anda kehilangan beberapa asupan air, karenanya sebaiknya langsung minum air putih atau air jeruk ketika bangun tidur. Tujuannya agar tubuh kembali terhidrasi.

7. Olahraga
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja di pagi hari lebih mungkin untuk tetap dengan rutinitas. Hanya 10 menit berjalan atau peregangan bisa membantu darah mengalir lebih baik dan membantu Anda tetap segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : womansday.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro