Ini Alasan Kenapa Makanan Mentah Bahaya Bagi Ibu Hamil

Berbagai macam daging merah salah satunya sapi hingga daging putih seperti ayam yang dimasak dengan berbagai masakan setengah matang atau mentah sebaiknya dihindari oleh ibu hamil
Fitri Rachmawati | 06 Februari 2015 17:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Berbagai macam daging merah salah satunya sapi hingga daging putih seperti ayam yang dimasak dengan berbagai masakan setengah matang atau mentah sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

Karena daging yang setengah matang atau mentah bisa mengandung bakteri salmonela dan parasit toksoplasmosis yang berakibat buruk baik bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Seperti  bakteri salmonela yang mengakibatkan ibu terkena typus atau keracunan makanan bagi bayi dalam kandungan hingga memicu keguguran.

Sedangkan parasit toksoplasmosis atau infeksi akibat toksoplasmosis dapat mengancam pertumbuhan janin seperti cacat bawaan antara lain kerusakan pada otak atau mata hingga menyebabkan keguguran.

Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil menghindari makanan segala jenis daging yang mentah atau dimasak setengah matang.

Selain menghindari makan daging mentah atau setengah matang, penyimpanan yang tidak benar pun dapat menumbuhkan parasit toksoplasmosis hingga salmonela. Untuk itu sebaiknya simpanlah daging mentah dengan baik agar cairannya tidak menetas ke makanan lain.

Jangan pernah menyimpan makanan yang sudah dimasak dalam talenan atau alas yang telah digunakan untuk daging mentah tanpa di cuci dengan bersih terlebih dahulu, dan jika Anda merendam daging dalam bumbu. Maka simpanlah di kulkas dan dalam wadah yang tertutup rapat.

Tidak lupa cuci tangan dan semua alat yang digunakan untuk memproses daging mentah, dan masaklah setiap daging sampai tidak ada warna merah muda tertinggal serta tidak ada lagi cairan.

Jika Anda sedang memasak daging pastikan sudah matang dan berhati-hatilah dengan daging panggang atau barbekyu karena nampak hitam dibagian luar, tetapi sebenarnya masih belum matang dan merah muda di dalam bagian daging.

 
 

Sumber : BabyCentre, Question And Answers

Tag : hamil
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top