Luangkan waktu untuk menikmati hidup/ilustrasi
Fashion

Ingin Lebih Bahagia? Saatnya Berhenti Jadikan 5 Hal Ini Sebagai Alasan

Gita Arwana Cakti
Minggu, 8 Februari 2015 - 09:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Dalam menjalani kehidupan, tentu dibutuhkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ada sejumlah alasan yang biasanya menghambat kita untuk meraih kebahagiaan, dan ini saatnya untuk Anda untuk berhenti sejenak dari alasan tersebut:

1. Terlalu Sibuk dan Tak Ada Waktu

Hal yang sangat wajar ketika kita merasa tidak memiliki banyak waktu dalam kehidupan. Kita sering terjebak dengan segala kegiatan dan aktivitas tanpa jeda. Namun, seperti yang dituliskan Agapi Stassinopoulos dalam HuffPost sebenarnya daftar kegiatan harian kita bukanlah masalah utama, tetapi bagaimana kita memanfaatkan dan memuliakan waktu.

“Bukan berarti kita tidak sibuk dan tidak memiliki banyak hal yang harus dikerjakan, tetapi kita terjebak dengan rutinitas dan kehilangan perspektif dalam melihat kehidupan," ujarnya.

Dengan meluangkan waktu sejenak akan menambah banyak manfaat kesehatan dan meningkatkan kebahagiaan.

 

2. Terlalu Mahal

Bukan berarti kita harus mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak kita perlukan. Namun, ketika ada kesempatan yang sangat jarang menghampiri kita, kenapa tidak diambil saja? Studi menunjukkan bahwa kita akan lebih mendapat kebahagiaan ketika kita mengeluarkan uang untuk mendapat pengalaman, bukan untuk mendapat suatu benda. Misalnya saja, cobalah sesekali alokasikan anggaran untuk berlibur ke tempat yang kita idamkan atau menikmati konser kesenangan kita.

 

3. Tidak Ada Waktu Untuk Cuti

Luangkan waktu untuk berlibur, baik itu di hari kerja atau akhir pekan. Hal itu tidak hanya meningkatkan level kebahagiaan tetapi juga kesempatan kita untuk ‘mengisi ulang’ tenaga kita. Matikan ponsel Anda, matikan email Anda, dan nikmatilah liburan. Anda akan menjadi lebih produktif ketika kembali beraktifitas.

 

4. Tidak Tahu Bagaimana Caranya

Mencoba hal baru memang bisa menakutkan, tetapi bisa member kebebasan kepada diri. Seperti yang ditulis Jan Cloninger dalam HuffPost menyebutkan salah satu orang tidak bermeditasi adalah karena mereka tidak mengerti bagaimana caranya dan mereka langsung menyerah. Tetapi jika Anda berani mencobanya, Anda akan merasakan hal yang lebih baik dalam diri dan memiliki kapasitas untuk menikmati kesenangan.

 

5. Bisa Dilakukan Nanti

Berapa kali klita telah menunda mimpi-mimpi kita? Kita terlalu sibuk dengan agenda pekerjaan dan melupakan kegiatan untuk diri kita sendiri, hingga kita melewati waktu. Studi menyatakan ketika kita membuat tujuan yang spesifik dan berusaha mendapatkannya itu bisa mendorong kebahagiaan. Jadi, apakah sekedar bepergian ke luar negeri atau ingin membuat seseorang tersenyum, jangan pernah menundanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : huffington post
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro