Sebaiknya para ibu mengatur variasi makanan anak setiap hari untuk memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan./Ilustrasi-Twitter
Health

Ini Contoh Menu Seimbang Bagi Si Kecil

Deandra Syarizka
Sabtu, 14 Februari 2015 - 22:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mengatur menu yang bergizi bagi buah hati penting guna mengoptimalkan masa tumbuh kembangnya. Sebagai pengatur gizi dalam keluarga, penting bagi ibu mengetahui kandungan gizi dalam setiap masakannya.

Ahli gizi kesehatan masyarakat dari Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) Ratna Djuwita mengemukakan sebaiknya para ibu mengatur variasi makanan anak setiap hari untuk memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan.

“Semakin bervariasi makanan yang dikonsumsi anak, semakin tercukupi pula gizi yang dibutuhkan anak,” ujarnya kepada Bisnis.com, beberapa waktu lalu.

Dia pun mencontohkan varian makanan yang bisa dianggap menu gizi seimbang. Pada pagi hari, ibu bisa menyiapkan dua buah roti gandum yang telah diolesi margarin dan ditambah dengan potongan tomat, selada, dan telur. Jus buah juga bisa menjadi minuman pendamping yang menyehatkan bagi menu sarapan anak.

Sebelum waktu makan siang tiba, anak bisa disuguhi camilan menyehatkan seperti kacang tanah rebus atau edamame rebus. Setelah waktu makan siang tiba, Ibu bisa menyajikan sepiring nasi dengan ikan kembung panggang saus kecap atau ikan sarden rebus kuah tomat yang dilengkapi dengan tumis kacang panjang.

Jus alpukat atau potongan buah segar bisa menjadi camilan sore sebelum makan malam. Adapun untuk menu makan malam, ibu bisa memberikan menu yang mirip dengan menu makan siang, atau bisa divariasiakan sesuai kebutuhan.  Dengan menyajikan menu-menu sehat ini, buah hati pun mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk menjalani hari.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro