Alergi Gluten/boldsky.com
Health

11 Tanda Anda Alergi Makanan Mengandung Gluten

Mia Chitra Dinisari
Senin, 16 Februari 2015 - 15:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kita telah melihat banyak produk yang mengandung gluten yang kini mulai dihindari konsumsinya oleh masyarakat yang ingin hidup sehat. Gluten juga seringkali disebut-sebut sebagai penyebab berat badan seseorang cepat naik.

Gluten merupakan protein yang secara alami terkandung dalam hampir semua jenis biji-bijian.
Gluten mengandung 90% protein, 8% lemak, dan 2% karbohidrat.

Gluten sangat penting dalam pembuatan produk bakery (roti, kue kering dan cake). Sebab, gluten inilah yang membuat adonan jadi elastis (lentur) dan dapat direntangkan, sehingga setelah dipanggang, roti terasa kenyal saat dimakan.

Gluten tidak selalu buruk, tetapi ada beberapa efek samping dari gluten bagi orang yang alergi terhadap gluten. Oleh karena itu Anda harus menyadari tanda-tanda bahwa Anda alergi terhadap gluten. Kadang-kadang Anda tetap terus mengkonsumsi makanan yang kaya gluten.

Diperkirakan bahwa 99% dari orang-orang yang memiliki intoleransi gluten atau tidak pernah didiagnosis. Ada banyak penyakit yang diakibatkan mengonsumsi gluten salah satunya adalah penyakit celiac yang merupakan salah satu penyakit genetik.

Berikut adalah beberapa gejala alergi gluten:

Masalah pencernaan
Masalah pencernaan adalah tanda-tanda yang paling umum yang Anda alergi terhadap gluten. Pembentukan gas, disentri, sembelit, dan kembung perut adalah gejala. Sembelit telah menjadi keluhan yang sering disampaikan di antara anak-anak yang telah mengkonsumsi makanan gluten.

Kelelahan
Merasa lelah setelah makan adalah tanda-tanda bahwa Anda sensitif terhadap gluten.

Gejala neurologis
Jika Anda memiliki gejala-gejala neurologis seperti pusing atau perasaan ketidakseimbangan dalam tubuh Anda, itu bisa menjadi indikasi gluten hadir dalam makanan Anda.

Ketidakseimbangan hormon
Ketidakseimbangan hormon atau infertilitas dijelaskan juga bisa menjadi tanda bahwa Anda alergi terhadap gluten.

Migrain Sakit kepala
Banyak orang menderita masalah migrain, tapi kita tidak menyadari bahwa itu adalah alergi akibat konsumsi gluten dalam makanan. Ini adalah salah satu efek samping jangka panjang gluten.

Penyakit gatal

Alergi gatal-gatal yang disebut "Ayam Skin", yang muncul di bagian belakang lengan, merupakan indikasi yang sangat baik dari gluten dalam makanan dan bahwa Anda alergi untuk itu.

Mood terganggu

Jika Anda rentan terhadap perubahan suasana hati seperti kecemasan dan depresi cukup sering, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda alergi terhadap gluten dalam makanan.

Peradangan
Peradangan, pembengkakan atau nyeri pada jari-jari, lutut atau pinggul adalah hasil dari makanan kaya gluten.

Penyakit usus
Penyakit Irritable dan radang usus indikasi dari gluten dalam makanan.

Anemia
Orang yang alergi terhadap gluten dapat juga menderita anemia atau pengurangan sel darah merah.

Nyeri sendi
Jika Anda menderita nyeri sendi cukup sering, itu bisa disebabkan gluten dalam makanan Anda. Cara terbaik untuk menentukan tanda bahwa Anda alergi terhadap gluten, adalah untuk menghilangkan dari menu makanan Anda selama beberapa minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro