Ilustrasi/Personneltoday
Health

10 Masalah Kesehatan Yang Disebabkan Stres

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 Februari 2015 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Stres membunuh! Ya, Anda akan terkejut jika mengetahui bagaimana penyakit pasif ini bisa membunuh sistem anda secara bertahap. Sebagian besar dari kita belum menyadari efek berbahaya dari stres pada tubuh.

Berbagai komplikasi dapat muncul karena stres berkepanjangan yang Anda rasakan. Apalagi, ditengah hiruk pikuk kegiatan yang penuh tekanan dan berjalan dengan sangat cepat.

 

Hal ini membuat hal-hal orang mudah menjadi stres. Bahkan, banyak juga mereka yang usia muda kini menjadi stres, entah karena pekerjaan, lalu lintas yang macet, atau tekanan lainnya. Berikut beberapa penyakit yang muncul karena stres:

Gigi bolong
Sebuah studi menunjukkan bahwa stres juga dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif dan membuat dia mudah bolong. Ketika Anda stres, Anda cenderung mengalami ketegangan di daerah rahang Anda.

Masalah pencernaan
Umumnya, perut Anda akan bergolak ketika Anda sedang stres dan Anda bahkan mungkin merasa nyeri di perut. Efek lain dari stres kronis adalah sindrom iritasi usus besar.

Masalah jantung
Stres juga dapat menyebabkan penyakit jantung dalam jangka panjang. Hal ini dapat meningkatkan denyut jantung dan juga menyebabkan stroke.

Kemarahan
Stres dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing. Ketika datang ke efek stres pada otak dan pikiran, dapat menyebabkan kemarahan, lekas marah, kecemasan, ADHD dan bahkan gangguan panik.

Asma
Asma dan maag juga bisa disebabkan ketika tubuh stres untuk jangka waktu yang lama. Ini adalah salah satu efek stres pada tubuh.

Kencing Manis
Beberapa laporan menunjukkan bahwa stres juga dapat menyebabkan diabetes tipe 1 dan 2 jika tidak ditangani dengan baik tepat waktu.

Depresi
Ini adalah salah satu efek stres pada kesehatan mental. Ada efek tertentu stres pada kesehatan mental juga. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami stres untuk jangka waktu yang lama juga dapat menghadapi masalah perilaku tertentu. Depresi, paranoia dan gugup juga disebabkan oleh stres. Anda akan merasa terkuras ketika Anda stres lama.

Berat badan naik
Ini adalah salah satu efek stres pada tubuh. Ada cukup bukti bahwa stres juga bisa membuat Anda mendapatkan berat badan dan dapat menyebabkan obesitas.
Gangguan Tidur
Setelah stres masuk ke sistem tubuh Anda, juga dapat merusak tidur Anda. Insomnia adalah gangguan lain yang dapat menyebabkan stres.

Libido berkurang
Orang yang tidak rileks dengan baik dan orang-orang yang mengisi hidup mereka dengan banyak stres juga mengalami penurunan libido. Stres dapat memakan kehidupan seks Anda juga, jika Anda tidak berhati-hati tentang hal itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro