Burger/boldsky.com
Health

Hindari 9 Makanan Pemicu Stres Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Senin, 6 April 2015 - 09:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ketegangan dan stres bukan hal yang baru saat ini. Memang benar bahwa stres menyebabkan perubahan dalam pola hormonal tubuh dan pada gilirannya akan mempengaruhi fungsi tubuh Anda.

Tapi apakah Anda tahu bahwa ada makanan yang menyebabkan stres? Beban kerja pekerjaan, masalah keluarga, masalah sosial !! Dan satu lagi adalah makanan yang Anda konsumsi. Bila Anda tidak memiliki pola makan yang sehat dan seimbang, Anda cenderung menjadi stres.

Hidup sehat, makanan bergizi dan olahraga adalah beberapa cara sederhana untuk memastikan Anda menghilangkan stres dari tubuh. Tapi, apakah Anda tahu bahwa ada makanan tertentu yang memicu stres?


Kunci dalam mengonsumsi makanan adalah sehat dan diet seimbang. Makanan olahan, di sisi lain, mengandung kadar tinggi protein, lemak dan karbohidrat dengan sedikit atau tidak ada vitamin dan mineral yang bisa memicu stres dalam tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa makanan yang menyebabkan stres seperti dikutip boldsky.com:

Kafein
Baik teh dan kopi mengandung kafein; kopi dalam jumlah yang lebih besar dan teh dalam jumlah yang lebih kecil. Ini akan merangsang sistem saraf yang menghasilkan detak jantung yang cepat dan meningkatkan tekanan darah.

Alkohol

Beberapa teguk alcohol bisa membantu Anda untuk santai. Namun, jika terlalu banyak akan memperburuk stres. Ketika alkohol dikonsumsi, ada simulasi dalam produksi hormon yang mirip dengan stres.

Gula halus
Gula halus yang pasti makanan yang menyebabkan stres. Faktanya adalah bahwa makanan ini rendah akan nutrisi, di sisi lain ini akan meningkatkan gula darah dan insulin.

Makanan bersodium tinggi

Ketika ada terlalu banyak sodium dalam tubuh, cairan akan bertahan lebih lama di dalam tubuh. Ini akan membuat kerja ekstra pada jantung, yang akan meningkatkan tekanan darah dan stres.

Minuman Energi
Minuman energi penuh dengan kafein dan gula. Yang keduanya tidak baik untuk tingkat stres dalam tubuh.

Makanan pedas
Kadang-kadang ketika stres meningkat, dapat menyebabkan banyak masalah pencernaan. Selama ini, makanan pedas hanya akan memperburuk ketidaknyamanan. Stres juga akan bermain dengan metabolisme, sehingga sulit bagi makanan untuk dicerna

Permen Dan makanan manis

Permen dan makanan manis akan meningkatkan masalah pencernaan yang terkait dengan stres. Ini juga akan menyebabkan iritabilitas di perut.

Makanan Olahan
Makanan olahan yang kaya sodium, lemak dan aditif buatan, dan  tidak ada nilai gizi dalam makanan olahan yang bisa memicu masalah pencernaan dan kesehatan dan membuat Anda stres.

Kentang Goreng
Semua garam yang terkandung dalam kentang goreng diyakini akan meningkatkan risiko hipertensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro