Fashion

Selfie di Gunung Tambora Bikin Trafik Telkomsel Naik

Ema Sukarelawanto
Senin, 13 April 2015 - 08:54
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR—Telkomsel mengklaim trafik layanan data atau payload di kawasan Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat meningkat 3 kali lipat akibat banyaknya pengunjung yag melakukan selfie atau memfoto diri sendiri akhir pekan lalu.

Tingginya trafik layanan itu terjadi saat puncak acara Tambora Menyapa Dunia, yakni peringatan 200 tahun  meletusnya Gunung Tambora, Sabtu (11/2015) yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan menyedot ribuan pengunjung.  

Danny Agus Triawan, GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra mengatakan upaya penyiapan jaringan yang dilakukan Telkomsel dalam mendukung acara tersebut direspons dengan baik oleh peserta dan masyarakat yang terlibat dalam rangkaian kegiatan itu.

Kata dia trafik layanan data atau payload Telkomsel pada puncak acara itu meningkat dari 875 megabyte menjadi 2.625 megabyte atau melonjak menjadi tiga kali lipat dibandingkan hari biasa.

Selain layanan data, kenaikan trafik juga terjadi pada layanan suara yang meningkat menjadi dua kali lipat dari 300 erlang menjadi 600 erlang.

"Secara umum kenaikan payload dipicu aktivitas pelanggan yang melakukan selfie untuk diunggah ke media sosial, termasuk yang dilakukan para pelari dan pendaki di puncak Gunung Tambora, di mana hanya sinyal Telkomsel yang mampu menjangkau hingga kaldera Gunung Tambora," katanya dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (13/4/2015).

Sebelumnya Telkomsel telah memperkuat seluruh lini untuk mengoptimalkan kualitas jaringan saat berlangsungnya acara Tambora Menyapa Dunia, di antaranya dengan mengoperasikan dua unit compact mobile base station (Combat) di Desa Doro Ncanga yang menjadi lokasi utama berlangsungnya acara, serta memperkuat jaringan di Dusun Pancasila.

Telkomsel juga telah menggandakan kapasitas jaringan 2G dan 3G di sejumlah titik strategis di sekitar lokasi acara, di antaranya Bandara Muhammad Salahuddin Bima, Pelabuhan Poto Tano Sumbawa, serta inner city Kota Dompu, Bima, dan Sumbawa Besar.

Saat ini Telkomsel telah menggelar lebih dari 500 base transceiver station (BTS) di Pulau Sumbawa. Hingga akhir tahun ini Telkomsel berupaya membangun sekitar 50 BTS baru untuk meningkatkan kenyamanan berkomunikasi masyarakat di Pulau Sumbawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro