Ilustrasi/Wikihow
Fashion

Tips Rias Wajah Bagi Pengguna Lensa Kontak

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 23 April 2015 - 09:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Anda pengguna lensa kontak? Sebaiknya mengikuti tips ini saat memilih kosmetik yang diaplikasikan saat Anda memakai lensa kontak.

Hubungan Masyarakat Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Yulia Aziza mengatakan aplikasi eyeliner dan maskara bagi pengguna lensa kontak diperkenankan. Kendati demikian, jangan pilih sembarang produk kosmetik.

Pasalnya, bisa berbahaya bagi kesehatan mata. Terutama, karena pengaplikasiannya bersamaan dengan lensa kontak. Menurutnya, lebih baik memilih eyeliner ataupun maskara yang berbentuk gel. Sehingga, tidak menimbulkan serbuk-serbuk yang bisa saja masuk ke permukaan mata.

"Lebih baik pilih yang tidak menimbulkan serbuk. [Pilih] eyeliner, maskara yang teksturnya gel," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Bila serbuk masuk ke mata dan menempel di permukaan lensa kontak jenis harian, katanya, tidak akan menjadi masalah. Hal ini karena, masa pakai lensa kontak jenis ini hanya 8 jam. Sedangkan, untuk yang terbuat dari hydro silicon gel bisa bertahan sampai 12 jam. Setelah itu, lensa kontak dibuang.

Namun untuk penggunaan lensa kontak jenis lain yang masa pakainya lebih panjang, dapat meningkatkan peluang terjadinya iritasi. Serbuk maskara atau eyeliner bisa menempel pada bagian kornea.

"[Lensa kontak] dicuci, dipakai, dan akhirnya deposit serbuk menempel di kornea," jelasnya.

Selain itu, kata dia, sebaiknya riasan wajah diaplikasilkan setelah menggunakan lensa kontak. Setelah selesai menggunakan lensa kontak, cuci tangan dan barulah Anda dapat menggunakan riasan wajah.

"Sebelum pakai makeup, lensa kontak dipakai dulu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro