Rancangan kain sari motif batik karya Seema/Bisnis-Deandra Syarizka
Fashion

Batik Beyond Borders: Uniknya Sari India Bermotif Batik

Deandra Syarizka
Kamis, 30 April 2015 - 23:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hubungan erat antara Indonesia dan India bisa diekspresikan dengan beragam cara. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh seorang desainer bernama Seema Agarwal Harding yang mengawinkan keindahan motif batik dengan kain sari India.

Dalam pameran bertema Batik Beyond Borders tersebut, perempuan yang telah tinggal selama lima tahun di Indonesia itu memamerkan 15 koleksi rancangan kain sari motif batik karyanya. Di atas kain sari yang mayoritas berbahan sutera tersebut, Seema memberikan corak khas Indonesia seperti megamendung, merak, dan bahkan garuda.

Seema tertarik mempelajari batik setelah pekerjaannya di UNICEF mengantarkannya ke Indonesia. Atas saran dari Ibunya, dia pun mempelajari warisan kekayaan Indonesia tersebut langsung ke para pengrajin lokal di Jogja dan Bali.

“Batik adalah cara mengungkapkan sejarah dan karakter seseorang. Itu yang ingin saya katakan melalui karya saya ini. Proses kreatif membuat batik ini telah menjadi perjalanan tersendiri bagi saya,” ujarnya pada pembukaan pameran Batik Beyond Border di Alun-Alun Indonesia Grand Indonesia, Kamis (30/04/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro