Kulit sehat/musclemindmotivation.com
Fashion

Ini Tips Memakai Tabir Surya Yang Benar

Duwi Setiya Ariyanti
Minggu, 31 Mei 2015 - 17:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Tabir Surya yang digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet harus diaplikasikan dengan benar agar manfaatnya bisa dirasakan.

Berikut cara pemakaian tabir surya. Dokter Kecantikan Sonia Wibisono mengatakan agar dapat bekerja optimal, tabir surya harus digunakan paling tidak 30 menit sebelum kulit terpapar sinar matahari. Tujuannya, agar tabir surya dan segala manfaatnya itu bisa meresap ke dalam kulit. "Sunblock minimal dipakai 30 menit sebelum kena matahari, biar terserap," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Pemakaian sunblock harus diulangi. Pasalnya, kandungan sun protection factor atau SPF di dalamnya berbeda. Tabir surya dengan SPF 30, tuturnya, harus diulangi pemakaiannya setiap dua jam. Apalagi, bila beraktivitas di air dan menggunakan tabir surya yang tak tahan air. Pemakaian tabir surya, tambahnya, dilakukan setelah kulit terkena air.

"Harus memakai sunblock tiap dua jam sekali. Kalau lebih intensif, habis keluar dari air harus apply lagi," katanya. Tak hanya bagian tubuh lain yang menjadi perhatian, bibir, ujar Sonia, harus diolesi tabir surya juga. Bila tidak, bibir akan menjadi lebih cepat kering karena tak mendapat perlindungan. "Bibir juga olesin biar enggak kering," katanya.

Penggunaan sunblock secara teratur dalam waktu lima tahun bisa mengurangi kerutan ataupun tanda penuaan lainnya hingga 24%. Hal ini karena, paparan sinar matahari berkontribusi mempercepat penuaan kulit. "Setelah lima tahun enggak pakai sunblock lebih banyak tanda penuanan 24% daripada yang pakai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro