Kampanye makan buah sebagai sarapan/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyani
Health

Ini Bukti Makan Buah di Pagi Hari Tak Bikin Sakit Perut

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 4 Juni 2015 - 13:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Dokter spesialis gizi k klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Fiastuti Witjaksono menegaskan, sarapan pagi dengan mengonsumsi buah bukan masalah.

"Tidak masalah makan buah saat pagi atau ketika perut kosong," ujarnya dalam acara Zespri Kampanyekan Makan Pagi Sehat dengan Buah Kiwi di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Sarapan, sambungnya, sangat penting, karena tubuh membutuhkan makanan cadangan setelah dibiarkan tak mengonsumsi apapun selama 10 jam. Sebagai contoh, bila makan malam dilakukan pukul 19.00 dan bangun pukul 05.00, maka tubuh  membutuhkan makanan. Oleh karena itu, sarapan harus segera dilakukan.

"Kalau enggak sarapan, jadinya badan cepat lelah, tidak fit dan lemass. Sarapan penting dan harus dilakukan," katanya.

Sebanyak 93,5% masyarakat Indonesia, katanya, kurang mengonsumsi buah dan sayur. Padahal, dalam sehari paling tidak tubuh mendapat asupan buah dan sayur sebanyak tiga porsi hingga lima porsi.

"Pagi harus makan buah dan sayur. Siang juga harus makan sayur bisa juga buah jadi snack.”

Beda

Makan buah sebelum maupun setelah makan menu utama tak masalah. Bedanya, ujar Fiastuti, bila buah dikonsumsi sebelum menikmati menu utama, porsi buah akan lebih banyak dan hal ini akan membantu program diet.

Sebaliknya, bila buah dikonsumsi setelah menyantap menu utama, porsi buah akan lebih sedikit, karena perut sudah terisi makanan. Oleh karena itu, asupan buah untuk setiap orang tergantung kebutuhan. 

"Kalau dikonsumsi sesudah makan, buahnya jadi lebih sedikit. Kalau buah dimakan sebelum makan, porsi buah akan lebih banyak dan bagus untuk diet. Jadi tergantung kebutuhan," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro