Atiqah Hasiholan memakai koleksi Balijava rancangan Denny Wirawan/Instagram-@balijava.dw
Fashion

Cara Bedakan Batik Asli dengan Produk China

Newswire
Kamis, 18 Juni 2015 - 11:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- UNESCO telah menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya yang berasal dari Indonesia.

Belakangan muncul produk tekstil asal negeri China yang bermotif batik dan dijual dengan harga jauh lebih murah di pasar Indonesia.

Dewan Pembina Yayasan Batik Indonesia, Doddy Soepardi, menjelaskan cara membedakan kedua produk tersebut dari mata telanjang.

"Caranya, baliklah kain bagian belakang dari baju atau bahan tersebut. Jika warnanya putih, berarti itu produk tekstil bermotif batik," ujar Doddy saat ditemui di Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Apabila ketika dibalik warna motifnya sama dengan kain bagian depan, maka bisa dipastikan bahan atau pakaian tersebut adalah batik.

Menurut Doddy, batik asli Indonesia memiliki tiga teknik pengaplikasian, yakni batik tulis, batik cap dan batik kombinasi antara tulis dan cap.

Lebih Lama

Selain itu, pembuatannya pun jauh lebih lama dibanding produk tekstil yang beredar, sehingga harga batik asli Indonesia harganya di atas produk tekstil tersebut.

"Kalau produk tekstil bermotif batik itu teknik printing. Sehingga warnanya tidak tembus di kain. Jadi bagian belakangnya berwarna putih. Itu bukan batik," kata Doddy.

Doddy berharap masyarakat Indonesia semakin bangga menggunakan batik untuk segala jenis acara, sehingga warisan tersebut bisa terus dipromosikan dan menjadi identitas Negara Indonesia di manapun batik berada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro