Ilustrasi/Zaoyangnews
Fashion

Berikut Proses Mengubah Kain Goni Jadi Dress Cantik

Azizah Nur Alfi
Rabu, 9 September 2015 - 05:37
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Perancang muda Mhd Rizky Julpra Y memahami betul tekstur kain goni, yang akan digunakannya sebagai bahan dasar rancangan berjudul Sexy Clubbing. Maka, dia menerapkan beberapa proses untuk memperoleh kain yang nyaman digunakan.
 
Perancang busana muda dari desa Rambung Merah, Pematang Siantar Sumatera Utara menuturkan untuk membuat satu dress Sexy Clubbing ini membutuhkan dua lembar kain goni. Selanjutnya, dia harus merendam dan mencuci kain goni berulang kali untuk memberikan tekstur lebih halus dan bersih.
 
Proses kemudian berlanjut pada tahap pewarnaan. Rizky merebus kain goni bersama dengan pewarna tekstil hitam berulang kali, hingga mendapat jenis warna yang diinginkan. Proses penjemuran menjadi tahap akhir, yang berlanjut dengan membuat pola dress. Perlakuan serupa juga dilakukan pada sumbu kompor untuk mendapatkan warna yang sama.
 
"Untuk proses pencucian, pewarnaan, dan pengeringan ini membutuhkan waktu hingga dua minggu," terang remaja kelahiran 29 juli 1997 ini.
 
Proses kemudian berlanjut dengan membuat pola, menjahit dress, dan menyusun aksesoris bebatuan hingga membentuk garis lurus pada sisi yang telah ditandai. Dia melapisi bagian dalam dress dengan kain lapis asiante semacam furing agar lebih nyaman dipakai.
 
Hasilnya, dress clubbing yang nyaman, elegan, dan mewah tercipta dari siswa lulusan jurusan Tata Busana SMK N 3 Pematang Siantar 2015 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro