Ilustrasi/pmi.or.id
Health

70 Tahun, PMI Masih Impor 4 Juta Kantong Darah Setiap Tahun

Yulianisa Sulistyoningrum
Kamis, 10 September 2015 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Palang Merah Indonesia genap berusia 70 tahun pada 17 September mendatang, namun hingga kini organisasi yang lahir berbarengan dengan kemerdekaan Indonesia ini masih belum dapat mandiri.

Meski bertugas mengumpulkan darah dari transfusi donor, PMI hingga kini masih mengimpor kantong darah dari negara lain.

Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita mengatakan, PMI melakukan impor sebanyak 4 juta kantong darah setiap tahun lantaran belum bisa menghasilkan kantong darah sendiri yang steril dari penyakit.

"Kami berharap dalam kiprah 70 tahun PMI ini, kami makin mandiri dalam melayani masyarakat. Misalnya, kami harapkan agar tidak lagi melakukan impor kantong darah," ujar Ginandjar usai peluncuran prangko 70 tahun PMI di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Ginandjar juga mengungkapkan, pihaknya bisa segera membangun pabrik kantong darah sendiri di Indonesia guna mencukupi kebutuhan akan transfusi darah.

"Sekarang kami masih merasa ketergantungan dengan negara lain. Padahal kami sudah melakukan transfusi darah di 212 kabupaten di Indonesia dan semua alat yang digunakan antara satu tempat sama," jelasnya.

PMI menurut Ginandjar juga masih harus memfilter darah hasil transfusi masyarakat. Karena semuanya harus bersih dan terhindar dari empat penyakit seperti HIV/AIDS, sifilis, dan Hepatis A dan B.

"Karenanya, kami bermimpi sedikit demi sedikit kami bisa mandiri untuk bisa melayani kebutuhan masyarakat akan darah," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro