Travel

Berikut 7 Pohon Yang Menjadi Ikon Wisata Nusantara

Dimas Novita Sari
Rabu, 16 September 2015 - 12:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai negara tropis, berbagai jenis pohon besar tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Dengan kelebihan itu pula, tak jarang pohon-pohon tersebut menjadi ikon wisata dan budaya.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Rabu (16/9/2015), berikut tujuh pohon yang tumbuh alami dan menjadi ikon wisata.

1. Pohon Berlubang atau Bunut Bolong
Karena di tengah pohon tersebut terdapat lubang dan dapat dilalui kendaraan, maka pohon tersebut dinamakan Bunut Bolong. Bunut Bolong terletak di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

2. Jembatan Akar Bayang
Jembatan akar tersebut dirajut dari akar pohon yang tumbuh di kedua sisi sungai. Jembatan yang berada di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu alami, hidup dan terus tumbuh.

3. Pohon Gerbang Gunung Slamet
Tak heran jika orang menyebutnya pohon gerbang karena akar dari dua pohon besar saling terhubung dan terlihat seperti pintu raksasa. Beberapa pendaki menjadikan pohon ini sebagai tempat favorit yang wajib dikunjungi ketika mendaki Gunung Slamet, Jawa Tengah.

4. Pohon di Tabiang Takuruang
Tidak seperti pohon lainnya yang tumbuh di atas daratan, pohon ini justur tumbuh di puncak tebing yang dikenal dengan nama Tabiang Takuruang. Tabiang Takuruang berada di Ngarai Sianok,  Sumatera Barat.

5. Batu Berdaun
Pohon ini sangat unik karena tampak seperti Batu yang Berdaun. Namun ternyata, pohon tersebut tumbuh di tengah batu besar. Anehnya akar utamanya tepat berada di tengah-tengah batu yang keras. Pohon tersebut berada di tepi pantai kawasan obyek wisata di Singkep, Provinsi Kepulauan Riau.

6.Pohon Lanang Wadon (laki-laki perempuan)
Jika dilihat pohon tersebut menyerupai kelamin laki-lai dan kelamin perempuan. Bagian bawah pohon yang berlubang dianggap menyerupai alat kelamin perempuan. Sementara itu, di tengah lubang tersebut tumbuh batang yang mengarah ke bawah yang terlihat seperti alat kelamin laki-laki. Pohon tersebut terdapat di Hutan Sangeh, Kabupaten Badung, Bali.

7. Pohon di atap rumah tua
Pohon besar sejenis beringin tumbuh di atas atap rumah adat Toraja (Tongkonan). Pohon di atap Tongkonan ini dibiarkan tumbuh karena menjadikannya terlihat unik. Pohon besar yang tumbuh di atas atap ini, akarnya tidak ada yang sampai ke tanah, bahkan tidak ada yang melewati atap ke bawah. Akarnya merambat di segala sisi atap. Pohon unik tersebut ada di dusun Pao, Lembang Nenggala, Toraja Utara.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro