Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenalkan Batik Langgar Dalem Kudus dalam Buku "Batik Kudus the Heritage"

Dalam rangka acara peringatan Hari Batik Nasional 2015 pada 2 Oktober, Bakti Budaya Djarum Foundation bersama pembina batik Kudus Miranti Serad Ginanjar meluncurkan buku bertajuk Batik Kudus The Heritage.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 03 Oktober 2015  |  16:27 WIB
Ilustrasi - Antara/M Risyal Hidayat
Ilustrasi - Antara/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA--- Dalam rangka acara  peringatan Hari Batik Nasional 2015, Bakti Budaya Djarum Foundation bersama  pembina batik Kudus Miranti Serad Ginanjar meluncurkan buku bertajuk Batik Kudus The Herittage.

“Senang sekali pada hari peringatan Hari Batik Nasional ini kami  dapt meluncurkan buku Batik Kudus The Heritage. Buku ini diterbitkan untuk menggali kembali kekayaan Batik Kudus yang sudah  nyaris punah dan kurang diapresiasi oleh masyarakat .

Diharapkan buku ini dapat menjadi inspirasi  bagi pencinta wastra Indonesia dan dapat mengajak masyarakat untuk lebih mengenal  Batik Kudus yang merupakan bagian dari batik pesisir dan sejarah batik di Indonesia,” kata Renitasari Adrian, Program Direktur Bakti Budaya Djarum Foundation.

Batik Kudus  sudah populer sejak era Sunan Kudus pada abad  ke-6 dan perpusat di Langgar Dalem yang dikenal dengan motif batik Langgar Dalem yang sarat dengan sentuhan Islam.

Sekitar tahun 1920-an hingga 1930-an,  Batik Kudus mengalami asimilasi dengan kebudayaan China.

Sebagai pembina batik Kudus, kata Miranti, melalui buku tersebut dia ingin berbagi cerita Batik Kudus secara mendalam dari masa ke masa, dari sisi sejarah dan perkembangannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari batik
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top