Lukisan Affandi/Blogspot.com
Show

40 Pelukis Pameran 'Ziarah' di Jogja

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 7 November 2015 - 05:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Empat puluh karya seniman Indonesia koleksi Galeri Nasional Indonesia akan tampil dalam pameran bertajuk Ziarah di Galeri RJ Katamsi ISI Yogyakarta pada 9-17 November mendatang.

Pameran ini merupakan bagian dari program Pameran Keliling yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beberapa karya seniman yang akan tampil a.l. Affandi, S. Sudjojono, Basoeki Abdullah, Bagong Kussudihardja, Abas Alibasjah, Nyoman Gunarsa, Aming Prayitno, Agus Kamal, Jean (Hans) Arp, Sonia Delauney, Hans Hartung, Victor Vassarely, Wassilly Kandinsky, dan perupa kenamaan lainnya.

Kurator pameran dan Galeri Nasional Indonesia Suwarno Wisetrotomo menuturkan aktivitas ziarah menziarahi dimaknai sebagai laku kontemplasi, merenungkan, memahami, tentang apa yang sudah terjadi dengan segenap jiwa dan pikiran.

Dengan demikian, laku ziarah menjadi momentum untuk memetik nilai-nilai martabat atau kehormatan yang melekat pada subjek yang diziarahi yakni karya seni rupa koleksi Galeri Nasional Indonesia.

"Pameran ini diselenggarakan di dalam kampus sehingga dari proses ziarah ini, agar masyarakat kampus dapat meneguhkan dirinya sebagai masyarakat dengan budaya akademik beserta laku kreatifnya," ungkap Suwarno seperti tertulis dalam rilis yang diterima Bisnis.

Dia mengatakan melalui karya ini ingin menunjukkan bahwa reputasi, prestasi, dan kehormatan tidak bisa dibeli, tetapi diperoleh dari proses pencarian, konsistensi, dan keteguhan pada profesi pilihannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro