bangun kesepakatan tentang aturan untuk mendidik buah hati/Ilustrasi-Bisnis.com
Health

Menangani Guncangan pada Anak Pascaperceraian

Wike Dita Herlinda
Sabtu, 21 November 2015 - 11:16
Bagikan

Buat Kesepakatan Aturan

Hal lain yang kerap menjadi problema anak pascaperceraian orang tua adalah masalah perubahan aturan antara ayah dan ibu. Apalagi, jika keduanya tidak lagi tinggal dalam satu atap.

Ian mengatakan banyak kliennya yang mengeluh buah hatinya mengalami perubahan sikap setelah berkunjung ke rumah mantan pasangannya. Menurutnya, hal itu dipicu oleh adanya aturan dan nilai hidup (value) yang tidak lagi selaras antara ayah dan ibunya.

Kenyataannya anak-anak dipaksa untuk tinggal dalam dua set value dan peraturan yang berbeda antara ayah dan ibunya. Tidak jarang, cara mereka mengekspresikannya adalah dengan berulah, jelasnya.

Untuk itu, saat berpisah, orang tua sebaiknya membangun kesepakatan tentang aturan untuk mendidik buah hati mereka secara mutualistis meskipun mereka sudah tidak tinggal bersama lagi. Kesepakatan tersebut harus dilakukan secara konsisten oleh kedua orang tua.

Jelaskan pada anak apa saja aturannya, bagaimana menjalankannya, dan apareward-nya. Ini akan menciptakan suasana yang cukup stabil bagi anak, meski ayah dan ibunya telah berpisah. Pada akhirnya, anak akan bisa lebih menerima kondisi tersebut, ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro