Ilustrasi/Lookbook
Relationship

Ternyata Banyak Pegawai Tidak Bekerja Sesuai Passionnya

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 3 Desember 2015 - 08:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Meski jumlah angkatan kerja di Indonesia cukup tinggi, ternyata tak banyak yang telah menemukan passionnya.

Dari data Badan Pusat Statistik, jumlah angkatan kerja Indonesia tercatat 128,3 juta orang pada Februari 2015, atau bertambah 6,4 juta orang dibanding Agustus 2014. Founder Vanaya Institute Lyra Puspa mengatakan banyak angkatan kerja belum memaksimalkan potensinya.

Mendapat pekerjaan sesuai passion ternyata belum terjadi mengikuti jumlah angkatan kerja yang ada. Alhasil, banyak orang usia di atas 30 tahun masih mencari-cari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya. "Masih banyak orang yang belum bekerja sesuai passion makanya banyak yang usia 20 atau 30-an bahkan lebih yang belum mapan," ujarnya di sela sesi coaching di Bogor, belum lama ini.

Masalah terkait passion pada wirausahawan, katanya, terlihat dari kurang fokusnya usaha. Sebagai contoh, saat seorang pengusaha ternyata memiliki lima usaha berbeda dalam rentang waktu singkat. Menurutnya, untuk bisa maju paling tidak seseorang harus membesarkan satu bidang usaha terlebih dahulu. "Sama kayak bisnis. Banyak entrepreneur bikin usaha setahun lima. Padahal dia enggak tahu dia siapa dan fokus ke mana," katanya.

Seharusnya, permasalahan tentang passion sudah terpecahkan sejak di mengenyam pendidikan. Bila pada saat menjalani pendidikan sudah mengetahui passion, paling tidak setiap individu bisa memulai langkahnya di trek sesuai passionnya. "Kalau di SMA udah dapat coaching tahu yang dimau, dimampu, enggak ada minder dan bingung lagi. Dua atau tiga tahun bisa sukses," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro