Ria Miranda/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Fashion

Inilah Tren Busana Muslim Spring Summer 2016 Koleksi Ria Miranda

Reni Efita
Jumat, 11 Desember 2015 - 06:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --  Perancang mode busana muslim Ria Miranda  memperagakan 60 looks busana  untuk tren Spring Summer 2016  tampilan urban, modern dan minimalis  dengan potongan yang struktur dan simple di The Hall Senayan City, Kamis (10/12/2015).

Koleksi terbaru itu diperagakan oleh 20 model profesional berupa koleksi Resort dan Spring/Summer 2016 yang terdiri dari Classifo, Kaguya, Takana dan Capsule Collection #throwback.

Proses pengerjaannya dan brainstorm, kata Ria Miranda, sudah dilaksanakan  dari enam bulan lalu. Trend busana muslim 2016 mengarah ke tampilan urban, modern dan minimalis untuk menampilkan sisi elegan wanita metropolitan dengan potongan yang structured dan simple.

Warna yang menjadi trend tahun 2016, antara lain serenity blue, pale purple, khaki, rose quartz dan ash grey. Inspirasi fashion akan mengarah ke tema panorama alam, budaya, busana olahraga, dan tema nautical. Aplikasi potongan busana akan di dominasi dengan potongan yang rapi, sederhana dan struktur lurus.

Sementara koleksi 2016 untuk lini Ria Miranda terinspirasi dari sosok wanita yang antaralain merupakan ibunya sendiri. Aku sangat terinspirasi dari Mama, Ibu mertua, teman teman di Hijabers Community dan sejak menjadi Brand Ambassador Wardah Cosmetics banyak sekali bertemu dengan sosok wanita yang menginspirasi dalam proses pencarian ide untuk koleksi 2016,” kata  Ria.

Classifo, Resort Collection 2016 yang mewujudkan suasana pergantian musim dingin ke musim semi. Hibernasi dalam dingin berakhir berganti kehangatan cahaya matahari baru yang memberi semangat untuk memulai hidup dan harapan baru. Kehidupan dan kecantikan melalui keindahan selalui menjadi inspirasi dasar Ria Miranda dalam mempersembahkan konsistensi koleksi yang feminin, sederhana dan penuh cerita dan kembali lagi dengan bunga. Tak pernah habis inspirasi alam ini konsisten dalam goresan teknik ilustrasi cat air seperti lukisan alam penuh inspirasi. 

Beda dengan Classifo, classified flower garden di Utrecth, Amsterdam memberi ide segar bahwa keragaman warna bunga baru.

Feminin, katanya, tak selalu pastel, tidak lagi berwarna merah muda untuk menunjukan sisi wanita. Buah jambu batu terbelah yang terbentuk dari taman rahasia itu adalah ikon siluet seorang wanita yang memberikan gambaran kehidupan, harapan dan cinta.

Lalu koleksi Takana.  Dia teringat pada inspirasi warisan budaya Minang yang tak pernah hilang dalam hidupnya. Penampilan yang mengingatkan bahwa kecantikan tak selamanya berupa visual tapi juga dirasakan.

Takana akan membawa pada siluet busana tradisional yang simple dan modern. Goresan sketsa tangan terinspirasi motif songket dalam komposisi  bentuk berbeda.

Lain lagi dengan Kaguya. Terinspirasi dari film animasi tahun 2013 karya Isao Takahata dari Studio Ghibli Hayao Miyazaki Jepang. Film itu, katanya, sederhana namun rumit karena menggunakan sketsa tangan. Princess Kaguya mengajarkan untuk menjadi wanita yang memiliki prinsip bahwa kebahagiaan tidak dapat diukur dengan materi dan kemewahan.

Kemudian throwback, Capsule Collection 2016. Dinamis, penuh percaya diri, atraktif dan selalu memiliki inisiatif dalam melakukan kebaikan. Dunia perkotaan metropolitan yang modern menuntut untuk dapat menjadi wanita penuh kemampuan dan multi tasking. 

Kolaborasi dengan ilustrator hijab berbakat Airin Karima adalah sebagai bentuk dukungan untuk memperkenalkan hasil karya dan bakat baru melalui fashion.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro