Ilustrasi
Health

Pfizer Serahkan Hibah Untuk Program Pencegahan Penyakit Tidak Menular dan Imunisasi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 15 Desember 2015 - 15:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pfizer Indonesia mengumumkan hibah untuk program-program yang akan mendukung pencegahan penyakit tidak menular (PTM) dan imunisasi anak di Indonesia, masing-masing kepada George Institute for Global Health dan U.S. Fund for UNICEF.

Hibah tersebut diberikan oleh Pfizer Foundation, sebuah organisasi amal yang didirikan oleh Pfizer Inc. di New York City. PTM, yang meliputi kanker, diabetes, sakit jantung dan penyakit pernapasan kronis, adalah penyebab utama kematian dan telah menjadi beban ekonomi yang serius. Di Indonesia, penyakit tidak menular diperkirakan mencapai 71% dari total kematian.

Biaya yang berhubungan dengan PTM juga sangat besar, sehingga beberapa orang memperkirakan bahwa hal tersebut akan merugikan negara hingga US $ 4,47 triliun dari 2012 hingga 2030.

Dalam hal imunisasi, Indonesia telah meluncurkan program imunisasi yang diperluas dalam upaya untuk mengurangi angka morbiditas dan mortalitas akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin. Meskipun cakupan imunisasi telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, namun masih terdapat kesenjangan yang lebar dalam cakupan imunisasi berdasarkan klasifikasi status ekonomi dan perkotaan/pedesaan.

Pesatnya urbanisasi di Indonesia, relatif rendahnya cakupan imunisasi, serta kepadatan dan dinamika penduduk di daerah kumuh perkotaan meningkatkan resiko terjadinya berbagai wabah penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan vaksin. Program pencegahan PTM George Institute melibatkan pelaksanaan program Systematic Medical Appraisal, Referral and Treatment (SMARThealth), sebuah platform perawatan utama yang baru untuk mendukung masyarakat dan penyedia layanan kesehatan dalam pencegahan dan pengelolaan PTM yang sama.

Dengan menggunakan teknologi digital yang terjangkau, program tersebut dirancang untuk meningkatkan akses pada pelayanan kesehatan dan mengurangi beban serta biaya pada sistem kesehatan, yang diantaranya dengan mendukung transfer dan pelatihan prosedur klinis rutin dari para dokter kepada para petugas kesehatan non-dokter.

Program imunisasi anak U.S. Fund for UNICEF akan fokus pada peningkatan cakupan imunisasi di daerah-daerah kumuh perkotaan yang dipilih untuk memastikan agar anak-anak yang membutuhkan vaksin memiliki akses pada vaksin yang mereka butuhkan. Berbagai intervensi inovatif yang telah diterapkan di berbagai daerah kumuh perkotaan di Jakarta termasuk anjungan bergerak (mobile platforms) yang membantu petugas kesehatan untuk mencapai warga masyarakat yang belum diimunisasi, dan untuk melacak jadwal vaksinasi secara waktu nyata (real time) untuk memastikan kepatuhan.

Pengalaman ini menjadi model bagi perluasan di kota-kota besar lainnya di Indonesia selain Jakarta. Kemitraan Pfizer Foundation dengan U.S. Fund for UNICEF dan UNICEF di Indonesia untuk meningkatkan pemberian imunisasi pada anak-anak yang belum mendapatkan pelayanan telah dimulai pada tahun 2014.

“Pencegahan PTM dan imunisasi anak yang universal telah benar-benar menjadi prioritas kesehatan nasional karena beban kesehatan dan beban ekonomi yang serius, ditimbulkan pada masyarakat,” kata Anil Argilla, Presiden Direktur PT Pfizer Indonesia dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com.

“Melalui hibah ini, Pfizer Indonesia dan Pfizer Foundation senantiasa berusaha menyelaraskan upaya kami dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung pelayanan dan akses kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat yang terlayani di dalam negeri. Kami berharap dapat terus bermitra dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lain untuk mencapai tujuan kesehatan di Indonesia.”

Pada November 2015, Pfizer Indonesia menandatangani kesepakatan (MoU) dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR di bidang kesehatan, dengan fokus pada Pengembangan Pengetahuan Masyarakat mengenai Penyakit Tidak Menular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro