The Banten Beach Resort/tripadvisor
Travel

Di Banten, Lama Tamu Menginap di Hotel Kurang dari Dua Hari

Dini Hariyanti
Senin, 21 Desember 2015 - 12:20
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG-- Secara umum, rata-rata lama tamu yang menginap di berbagai hotel di Banten selama Oktober tahun ini kurang dari dua hari, lebih tepatnya 1,77 hari.

Badan Pusat Statistik (BPS) Banten menyatakan angka tersebut mengalami kenaikan tipis 0,01 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya 1,76 hari.

“Peningkatan terutama disebabkan naiknya jangka waktu rerata lama menginap tamu [RLMT] terutama pada hotel bintang lima,” kata Kepala BPS Banten Syech Suhaimi dalam paparan data perkembangan pariwisata, Senin (21/12/2015).

RLMT hotel bintang lima mencapai 1,79 poin menjadi 3,77 hari pada Oktober tahun ini. Adapun bulan sebelumnya alias pada September baru 1,98 hari.

Selama bulan kesepuluh rerata lama tamu domestik menginap lebih tinggi dibandingkan dengan tamu asing. RLMT asing justru turun 0,18 poin  ke level 3,12 hari, padahal pada September sampai 3,30 hari.

Tamu lokal memang tidak menginap selama tamu asing. Tapi, durasi bermalam segmen konsumen ini pada Oktober jadi lebih panjang daripada September, yakni mencapai 1,62 hari dari 1,58 hari atau naik 0,04 poin.

“Rata-rata lama menginap tamu terkait erat dengan banyaknya acara yang diselenggarakan swasta maupun instansi pemerintah jelang akhir tahun,” ucap Suhaimi.

Kendati demikian secara total tingkat RLMT pada Oktober 2015 secara year on year  menyusut, baik tamu asing maupun tamu domestik. Total RLMT bulan kesepuluh tahun lalu 1,97 hari, artinya terjadi penurunan 0,20 poin dibandingkan Oktober tahun ini yang ada di level 1,77 hari.

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro