Malam Tahun Baru.
Travel

TMII Siap Antisipasi Membludaknya Pengunjung

Anitana Widya Puspa
Kamis, 31 Desember 2015 - 12:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para pengunjung yang hendak menghabiskan waktu semarak akhir tahun 2015 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak perlu cemas. Pasalnya TMII telah melakukan sejumlah antisipasi menghadapi kemacetan, begitu pula dengan keamanan.

Ketua Panitia Natal dan Tahun Baru, Diyono menyatakan bahwa Pihak TMII dalam masalah keamanan dan kemacetan selalu berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya,  pemerintah DKI Jakarta, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP. TMII  juga menyiagakan pengamanan internal termasuk Satuan Unit Kerja dan Unit Usaha serta Satuan Pengamanan Anjungan Daerah.

"Kalau untuk kemacetan dan keamanan dari kepolisian akan menyiagakan 335 personil, 2 SSK adalah dari TNI dan Polri, 100 dari Brimob," terangnya lebih lanjut. Sementara untuk antisipasi kemacetan TMII telah menyediakan 7 kantong parkir tambahan, dari yang semula 12 menjadi 19 kantong parkir.

"Penambahan itu dilakukan di Taman Budaya Tionghoa, ada wahana baru dan bisa dijadikan parkir. Kemudian mengembalikan lagi taman parkir di taman burung, di belakang dunia antariksa. Dan di wahana-wahana anjungan daerah yang awalnya hanya taman menjadi taman dan parkir. Satu lagi penambahan pintu lima di samping Taman Budaya Tionghoa," jelasnya.

Persebaran kantong  parkir lainnya juga dilakukan di unit museum, seperti iptek yang halamannya cukup luas. Penambahan kantong-kantong parkir terutama dilakukan untuk kendaraan roda empat. Dibandingkan roda dua yang jumlahnya lebih sedikit.

"Di sini dari 2014 sampai November 2015 kendaraan roda empat jumlahnya 666.000, roda dua hanya 446.000," kata Diyono. Untuk parkir kendaraan roda dua tidak menjadi persoalan.

Kesemuanya dilakukan TMII untuk menjaga motto mereka, Pelayanan Prima Utama dalam Sapta Pesona sekaligus mengoptimalkan kepuasan pengunjung. "Empat saja sudah sip, bersih,tertib, ramah, dan aman," tandasnya.

Diyono mengungkapkan target pengunjung untuk tahun baru ini 350.000 orang. Target ini diturunkan dari tahun lalu yang sebesar 400.000. Berkaca pengalaman tahun lalu, cuaca tidak bersahabat menyebabkan pengunjung enggan keluar rumah. Namun secara keseluruhan jumlah pengunjung TMII tahun ini naik 26% dibandingkan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro