Pura Tanah Lot/Antara
Fashion

IMA: Di Kancah Global, Potensi Wisata Bali Harus Digenjot Lagi

Atiqa Hanum
Selasa, 19 Januari 2016 - 15:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Indonesia Marketing Association menyarankan Bali meningkatkan promosi aktivitas dan marketing serta meningkatkan kerja sama dengan pemerintah baik di pusat dan daerah serta organisasi dan lembaga lainnya.

Ketua Umum Indonesia Marketing Association (IMA) Arif Wibowo menegaskan perluasan tersebut guna meningkatkan skala nation branding Indonesia di kancah global secara signifikan.

“IMA selaku organisasi perlu mendorong kreativitas pemasaran, tidak hanya di bidang turisme tetapi juga perlu memperluas perannya pada bidang bisnis yang lebih luas, di antaranya bagi pelaku usaha skala kecil dan menengah,” kata Arif yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) dalam siaran persnya, Selasa (19/1/2016).

Dia menambahkan IMA dapat membantu dengan memberikan metode-metode pemasaran modern yang efektif sehingga dapat meningkatkan daya saing daerah dan nasional. Arif mengemukakan hal tersebut dalam sambutannya dalam acara pelantikan tiga pengurus cabang daerah di Bali, yaitu IMA chapter Denpasar, Badung dan Gianyar, yang dihadiri sekitar seratus para pelaku pemasaran di Bali.

Nation branding, lanjutnya, juga berpotensi untuk meningkatkan daya saing nasional. Sebagai bentuk representasi dari negara secara strategis dengan tujuan menciptakan modal reputasional bangsa. Diharapkan juga hal tersebut dapat menciptakan reputasi kapital melalui promosi bagi kepentingan ekonomi, sosial dan budaya, bahkan di bidang politik baik di dalam maupun luar negeri.

“Reputasi  yang  baik  dari  sebuah  negara  merupakan  hal  yang harus  dimiliki,  terutama  di  era  pasar  global. Dengan   memiliki   reputasi   yang   baik, suatu negara akan  mendapat  kepercayaan  dari negara lainnya untuk bekerjasama dan tidak lagi dipandang sebelah mata dalam partisipasinya di kompetisi  global,” jelasnya.

Dalam hal ini, setidaknya nation branding yang terbentuk dilihat dari sektor pariwisata, investasi, perdagangan dan ekonomi kreatif. “Oleh karena Bali telah memiliki reputasi internasional, maka dirasakan perlu  untuk terus meningkatkan nation branding Indonesia di kancah global secara signifikan lagi,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro