Sitor Situmorang/Antara
Show

Pertunjukan Instalasi Teks Untuk Mengenang Sitor Situmorang

Tisyrin Naufalty Tsani
Kamis, 21 Januari 2016 - 01:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sastrawan Sitor Situmorang meninggal pada 20 Desember 2014. Sebuah pertunjukan instalasi teks bertajuk Pasar Senen, Sitor dan Harimau Tua meramaikan Taman Ismail Marzuki untuk memperingati setahun meninggalnya Sitor.

Pertunjukan berlangsung Rabu (20/1/2016) malam di Teater Kecil, TIM. Tamu undangan yang nampak hadir antara lain seniman Guruh Soekarnoputra, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid, dan sastrawan Ajip Rosidi.

Pertunjukan berupa hasil interpretasi terhadap karya penulis yang lahir pada 2 Oktober 1924 tersebut. Dimulai dengan pemutaran video terakhir Sitor Situmorang, berlanjut dengan dramatic reading: Sitor dan Pasar Senen, serta peluncuran buku puisi Sitor Situmorang: Barbara Brouwer, Gulon Situmorang dan JJ. Rizal. Setelah itu, masih ada pertunjukan cerpen Sitor: Harimau Tua.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan sempat berbincang dengan anggota keluarga Sitor dan membahas penghargaan apa yang tepat diberikan kepada Sitor.

“Namun penulis besar seperti Sitor bisa jadi tidak perlu penghargaan, negara yang memerlukan dia. Yang terpenting adalah mengembalikan Sitor ke hati sanubari masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro