Health

Ajari Nilai Uang Sejak Dini pada Anak

Eka Chandra Septarini
Sabtu, 6 Februari 2016 - 19:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Memberikan pengertian tentang nilai uang kepada buah hati tentunya bukan perkara mudah. Terkadang orang tua kesulitan memberikan penjelasan tentang nilai uang kepada anak agar bisa belajar berhemat.

Prita Ghozie, perencana keuangan memberikan sedikit tips kepada orang tua agar bisa memberikan pengertian dan penjelasan sederhana kepada anak-anak.

1. Buat Perbandingan
Anak-anak sulit membayangkan seberapa besar nilai uang Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Namun, mereka dapat dengan mudah memahami nilai tersebut jika diberikan perbandingan sesuai dengan yang mereka ketahui.

"Anak saya pernah minta dibelikan mainan yang cukup mahal, dia tidak paham mahal itu seberapa. Kebetulan dia suka hamburger, jadi saya bandingkan satu mainan yang dia minta sama dengan sekian hamburger," ujar Prita.

Menurut Prita, dengan memberikan pengertian seperti itu anak akan diajak untuk berpikir dan mulai memilih mana yang lebih penting dan diperlukan dengan pendekatan yang sederhana.

2. Hargai Uang Kecil
Terkadang anak suka meremehkan uang receh yang dimiliki. Tidak jarang uang tersebut ikut tercuci bersama pakaian. Namun, uang receh tersebut tetaplah uang yang jika dikumpulkan bisa memiliki nilai yang cukup untuk dibelikan satu mainan baru.

"Ajak anak untuk menabung. Uang receh yang dimiliki dimasukkan ke celengan yang nantinya dibuka setelah penuh," tutur Prita.

Saat tabungan dalam celengan tersebut penuh, ajak anak untuk membukanya bersama dan uang tersebut bisa dibelikan mainan atau baju baru sebagai hadiah telah berhasil menabung.

Dengan demikian, anak akan diajari pentingnya berusaha untuk mendapatkan sesuatu dan tidak meremehkan nilai uang yang kecil. Selain itu, anak juga akan belajar tentang arti hidup hemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro