Sesekali, tidak ada salahnya menggunakan busana cheongsam di luar perayaan tahun baru Imlek. /Alleira Batik
Fashion

Nuansa Shanghai Tempo Dulu dalam Balutan Batik

Wike Dita Herlinda
Sabtu, 13 Februari 2016 - 19:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang perayaan Imlek, banyak perempuan berbondong-bondong memborong pakaian bernuansa oriental seperti blus kerah Shanghai atau gaun cheongsam. Namun, setelah perayaan tahun baru China itu usai, akan dikemanakan baju-baju bernuansa China tersebut?

Banyak perempuan yang hanya mengenakan cheongsam pada momentum atau perayaan tertentu saja. Padahal, pakaian yang termasyur pada era vintage Shanghai tersebut layak disandang pada perhelatan apapun, tanpa mengenal musim.

Apalagi, saat ini pilihan corak dan model cheongsam yang dijual di pasaran semakin bervariasi dan tidak hanya terpatok pada fitting tradisional bermotif bunga-bunga saja.

Bahkan, cheongsam dengan perpaduan motif batik pun kini banyak diburu. Jika Anda ingin tampil elegan dan berkelas ala gadis-gadis sosialita Shanghai pada dekade 1920-1960-an, cheongsam dapat menjadi alternatif bergaya.

Salah satu lookbook yang dapat disontek adalah koleksi Tales of the Orient milik Alleira Batik. Koleksi yang sejatinya diluncurkan dalam rangka menyambut Imlek tersebut terinspirasi dari keindahan bunga, yang merupakan simbol kesempurnaan dan kecantikan.

Nuansa khas Shanghai tempo dulu disandingkan dengan kekayaan batik Tanah Air. Guna menambah kesan glamor, sentuhan warna emas disematkan pada banyak porsi gaun untuk melambangkan kesuksesan dan keberuntungan, serta harapan dan pembawa semangat untuk menyambut tahun ini dan selanjutnya.

Dari segi potongan, deretan cheongsam yang ditawarkan koleksi ini masih berpatokan pada pakem tradisional. Sebagaimana awal mulanya, cheongsam modern yang dikenal di dunia saat ini pertama kali diciptakan pada dekade 1920-an di Shanghai.

Secara harfiah, cheongsam atau qipao/chipao berarti pakaian panjang atau gaun. Busana ini dianggap sangat stylish pada zamannya, dengan garis tight-fitting atau body-hugging, yang populer dikenakan oleh para perempuan kelas atas alias sosialita di Shanggai.

Mengacu pada desain tradisional tersebut, koleksi cheongsam batik yang diluncurkan Alleira didominasi oleh siluet fit and flare, fitted, boxy-fit, dan structured. Adapun, materialnya berbalutkan sutera tenun tangan dan katun tenun tangan.

Dengan siluet yang ketat dan mengikuti lekuk tubuh, pemakai busana ini akan terlihat glamor sekaligus seksi dalam sekejap, dengan tetap diimbangi oleh kesantunan nuansa tradisional China dan potongan rok midi di bawah lutut.

Direktur Kreatif Alleira Anita Asmaya Sanin menjelaskan koleksi tersebut diperkaya dengan palet khas China, merah dan emas, serta disatukan dengan permainan kelir nan kontras seperti kuning terang, teracota, oranye, biru, ungu, hijau, dan semburat hitam yang elegan.

“Kali ini, detail motif yang Alleira pakai adalah bunga mawar yang dimodifikasi dengan tetap memadukannya pada motif-motif [batik] tradisional seperti kawung. Selain itu, bunga-bunga renda serta ornamen lainnya juga menghiasi rangkaian koleksi ini,” jabarnya.

Secara keseluruhan, koleksi tersebut banyak menggabungkan elemen tradisional batik dengan desain cheongsam bernuansa modern vintage, seperti semi cocktail dengan detail kerah tinggi yang sangat chic untuk dikenakan pada acara-acara istimewa.

Untuk menonjolkan kesan high-class padukanlah cheongsam dengan sepatu stiletto dengan ujung runcing dan tas genggam berukuran kecil. Sebagai pelengkap, kenakanlah aksesori minimalis dan rambut updo simpel untuk mengimbangi motif busana yang sudah ramai.

Sesekali, tidak ada salahnya menggunakan busana cheongsam di luar perayaan tahun baru Imlek. Dengan perpaduan vintage Shanghai dan kekayaan khas batik Jawa, dijamin penampilan Anda akan jauh lebih eye-catchy tetapi tetap elegan dan berkelas. (Wike)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (14/2/2016)
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro