Eclipse Festival 2016 di Ngata Baru, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah/Indonesiatravel
Travel

GERHANA MATAHARI TOTAL: Ngata Baru Gelar Eclipse Festival

Nancy Junita
Kamis, 18 Februari 2016 - 18:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gerhana matahari total (GMT) akan berlangsung pada 9 Maret 2016 di sejumlah kota di Indonesia.

Fenomena langka ini akan terangkum dalam segenap kegiatan di acara Eclipse Festival 2016 di Ngata Baru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah pada 7-11 Maret 2016.

Ngata Baru terletak sekitar 25 menit berkendara dari Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah dan dapat ditempuh 15 menit dari Bandara Mutiara Palu.

Ngata Baru adalah bukit tertinggi di Kabupaten Sigi yang dikelilingi pegunungan, dan sungai yang kerap dihinggapi oleh ribuan kupu-kupu. Oleh sebab itu, destinasi dengan visibilitas terbaik ini dipilih sebagai titik untuk menikmati GMT.

Festival akan diisi dengan workshop, galeri seni dan zona penyembuhan bagi anak-anak dengan menggunakan obat-obatan tradisional Indonesia.

Workshop mencakup diskusi mengenai pendidikan yang menghadirkan para ahli sebagai pembicara dengan fokus topik GMT. Topik lain yang akan dibahas adalah seni, musik, budaya, ilmu pengetahuan, psikologi, antropologi, kesehatan, astrologi, lingkungan dan masih banyak lagi.

Kegiatan seperti yoga, meditasi, pertukaran bahasa, pemutaran film dokumenter pun dijadwalkan di sana. Saksikan karya-karya seni yang ditampilkan oleh seniman lokal dan internasional.

Sebelum menikmati acara puncak, yakni GMT, Anda akan dihibur pertunjukan musik yang hadir di 3 panggung sekaligus. Baik musisi lokal maupun internasional akan bersama-sama bertukar budaya memainkan genre musik yang sangat bervariasi, mulai dari psychelic, trance, techno, acid, elektronica hingga tradisional.

Festival tersebut sangat penting bangi pariwisata lokal mengingat ini adalah acara GMT terbesar dan satu-satunya yang menargetkan wisatawan mancanegara sebagai tamunya.

Suku kaili sebagai pribumi di Kabupaten Sigi merupakan penjaga asli tanah Ngata Baru. Sebelum festival dihelat, orang-orang kaili akan melakukan ritual untuk memastikan kelancaran Eclipse Festival 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Indonesia Travel
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro