Referensi

Inspirasi Eka Kurniawan di Novel O

Azizah Nur Alfi
Jumat, 26 Februari 2016 - 12:14
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Sastrawan muda Eka Kurniawan segera merilis novel keempatnya berjudul O, pada Maret mendatang. "Novel keempat saya judulnya O. Baru akan terbit bulan depan," tutur Eka saat diskusi di Institut Francais d'Indonesia (IFI) di Jakarta, Kamis (25/2) sore.
 
Meski belum diluncurkan secara resmi, Eka membagikan dua novel O kepada dua orang pembacanya yang beruntung dan hadir dalam diskusi tersebut.
 
Eka mengatakan novel terbarunya ini bisa dikatakan sebagai fabel, karena bercerita tentang kaisar monyet yang ingin menikah dengan penyanyi dangdut. Si kaisar adalah monyet yang bergabung yang tergabung dalam sirkus monyet. Harapannya dengan berkumpul dengan manusia, maka suatu saat dia akan bertemu dengan kekasih hatinya.
 
Novel O awalnya terinspirasi dari cerita Eka saat mengantar anaknya ke sekolah. Di setiap lampu merah, anaknya sering melihat topeng monyet dan tidak mau beranjak.
 
"Awalnya mau nulis buat dia (anak), tapi lama kelamaan ceritanya lebih komplek. Dasarnya fabel, tetapi kemudian lebih komplek," katanya.
Eka mempersiapkan novel O ini sejak 2008 hingga 2015. "Ini dikerjakan bersamaan dengan draft lain," katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro