Tamasya di Taman. /artfund.org
Show

Keindahan Kebun di Tangan Monet & Matisse

Tisyrin Naufalty Tsani
Minggu, 28 Februari 2016 - 01:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apa yang Anda bayangkan jika mendengar kata kebun? Bisa jadi Anda akan teringat akan sesuatu yang sejuk dan hijau.

Pameran lukisan Painting the Modern Garden: Monet to Matisse  yang berlangsung hingga 20 April 2016 di Royal Academy, London Inggris mengajak para pencinta seni untuk menikmati lukisan para maestro seni rupa dunia.

Karya sejumlah pelukis dunia yang terpajang dalam pameran mulai dari karya Manets, Klimt, Van Gogh, Sargent, Munch, Renoir, Pissarro, Bonnard, Vuillard, Cassatt, hingga Cezzanne.

Nama-nama pelukis dengan reputasi baik itu mampu menyegarkan mata pengunjung pameran lewat lukisan-lukisannya. Koleksi mereka yang terpajang diambil dari seluruh dunia, baik dari koleksi probadi maupun galeri internasional.

Dikutip dari artfound.org, mengajak para pencinta seni untuk menikmati karya pelukis Claude Monet yang mendominasi pameran ini. Karyanya berjudul Water Lilies (1904) menggambarkan keindahan kolam yang dijadikan tempat tumbuhnya bunga lili air.

Keindahan Kebun di Tangan Monet & Matisse

artfund.org

Pujian tampaknya patut diberikan pada tim kuratorial di Royal Academy. Galeri ini berhasil menyajikan berbagai jenis taman yang terlukis indah di atas kanvas. Mata pengunjung tidak hanya akan melihat taman Prancis, tetapi juga suasana kebun di Denmark, dan Spanyol.

Subtema dalam pameran ini adalah Impressionist Gardens, International Gardens, dan Gardens of War and Regeneration. Kategori terakhir memang terasa tegang. Terpajang sejumlah lukisan yang tercipta sebagai respon terhadap perang, yang di dalamnya menawarkan penyembuhan kepada korban perang, dan berbagi cermin kesedihan yang muncul akibat perang.

Dari pameran ini, para pencinta seni juga dapat menyaksikan lukisan sedih karya Vincent van Gogh yang diambil dari taman di rumah sakit jiwa di St Remy. Lukisan karya pelukis Belanda ini menjadi salah satu karya yang paling kuat.

Pelukis lain Gustave Caillebotte juga menyajikan rumah beratap merahnya bermandikan cahaya Matahari. Sementara itu, karya berjudul Resting in the Garden (1914) dari pelukis Pierre Bonnard mengingatkan siapapun yang melihatnya akan asyiknya kegiatan piknik di taman.

Pierre-Auguste Renoir melalui karya berjudul Monet Painting in his Garden at Argenteuil (1873) berupaya menggambarkan Monet muda sedang melukis keindahan bunga dahlia di taman di rumah kontrakannya di Argenteuil, tidak jauh dari Paris.

Keindahan Kebun di Tangan Monet & Matisse

artfund.org

Seperti Monet, banyak seniman abad 19 yang setelah mendapatkan uang yang melimpah dari hasil penjualan lukisannya, kemudian membangun taman yang cukup besar dan luas di depan rumah peristirahatannya. Mereka kemudian menghabiskan sisa hidup dengan melukis.

Pameran ini memperlihatkan sejarah sosial, tentang dampak dari tren berkebun pada seniman papan atas di abad ke-8 dan abad ke-9. Lukisan ini dapat dijadikan rekam jejak kehidupan para maestro seni rupa dunia di masa jaya, dan menjelang kematiannya. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (28/2/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro