Mainan action figure/Jibiphoto-Sunaryo Haryo Bayu
Fashion

Toys and Comics Fair 2016: Berawal dari Wadah Pehobi

Lingga Sukatma Wiangga
Sabtu, 5 Maret 2016 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 2005, The Jakarta Toys and Comics Fair mulai dirintis. Acara yang awalnya ditujukan menjembatani hobi para kolektor mainan dan komik itu kini menjadi ajang berskala nasional beromset miliaran rupiah.

”ini The Jakarta Toys and Comics Fair yang ke 12. Awalnya pada 2005 diselenggarakan untuk mewadahi para kolektor untuk ketemu, bisa trade by sale, akhirnya saat ini bisa memfasilitasi industri yang bisa naik,” ujar Managing Director Sacca Production Riza Satyagraha selaku promotor ajang tersebut, Sabtu (5/3/2016).

Dari segi peserta, The Jakarta 12th Toys and Comics Fair 2016 melibatkan 250 booth mulai dari kolektor, komunitas hobi, distributor, games retails, hingga pemasok skala internasional.

Jumlah peserta itu meningkat dari ajang serupa yang dihelat tahun lalu yaitu sebanyak 200 booth. Riza pun optimistis, ajang yang diklaimnya sudah berskala internasional itu tahun ini akan menyedot pengunjung hingga 25.000 orang.

Dari segi nilai transaksi, pihaknya menargetkan pertumbuhan di kisaran 20% hingga 30%.

“Kalau tahun lalu sekitar Rp5 miliar,” katanya.

Dia menyebut, dalam acara ini pengunjung banyak mengincar action figure, comic dan die cast. Ajang ini pun menjadi panggung bagi banyak distributor untuk mengeluarkan secara perdana produk terbarunya.

Pada acara The Jakarta 12th Toys and Comics Fair 2016 ini, Riza mengklaim biasanya distributor membawa produk edisi ekslusif yang akan ditawarkan kepada kolektor.

Dari segi harga, melalui ajang ini para kolektor dan pehobi bisa mendapatkan produk dengan harga miring.

Mereka di sini bisa special offer, clearing sale, sampai pre order. Potongan harganya bisa sampai 70% lebih murah,” lanjutnya.

Untuk produk yang diinati, mainan Lego dinilai sudah dikenal memiliki pasar yang luas baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Selain itu, self figure banyak diincar karena menawarkan segudang prototype baru. Bahkan untuk barang terbatas bisa dibeli dengan pre order.

Selain mainan dan komik, di acara ini pun pengunjung bisa menemukan t shirht dengan desain tokoh komik idola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro