Ilustrasi/Ifahto
Relationship

8 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Perempuan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 10 Maret 2016 - 11:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Perempuan diketahui cenderung memiliki kepercayaan diri yang mudah terpengaruh hal-hal eksternal.

Atau dengan kata lain kepercayaan diri perempuan mudah drop ketika dia mendapatkan kritik atau masalah di sekitarnya.

Semakin dewasa seseorang, maka semakin kepercayaan dirinya terbangun, karena umumnya dia sudah bisa mengontrol emosinya.

Secara umum, perempuan masih kurang percaya diri dibandingkan dengan rekan-rekan pria mereka, karena juga dipengaruhi factor didikan sejak kecil. Misalnya perempuan diajarkan untuk menurut pada suami, atau tidak bisa berada di atas pria.

Padahal, kepercayaan diri sangatlah penting bagi perempuan, terutama untuk membuatnya lebih maju di dalam karir, dan juga bersosialisasi. Berikut 8 tips agar perempuan lebih percaya diri seperti dilansir Timesofindia.com:

Lakukan apa yang disukai
Menemukan satu hal yang paling Anda sukai dan lakukan sesering mungkin. Adalah benar kepercayaan diri dimulai dari apa yang kita sukai. Jika seseorang melakukan atau memakai yang dia sukai, maka niscaya dia akan merasa percaya diri melakukannya.

Hindari bicara soal berat badan
masalah berat badan adaah hal penting bagi perempuan. Jika seseorang menyindir soal berat badannya yang bertambah, maka dia akan mudah tersinggung.

Karenanya, sebaiknya hindari membicarakan atau membahas topic soal berat badan yang bisa menyinggung diri Anda sendiri. Percayalah dengan penampilan yang Anda miliki saat ini.

Menghentikan otokritik
Kita semua bisa menjadi hakim yang paling keras kita sendiri: hidung kita terlalu besar; dahi kita juga keriput. Hindari kebiasaan ini, dan belajarlah bersyukur dengan diri Anda sendiri. Jika Anda bersukur dan merasa bangga dengan apa yang dimiliki, maka Anda akan tampil percaya dengan diri Anda sendiri

Mencintai diri sendiri
Benar kepercayaan berasal dari menerima setiap bagian dari siapa Anda. Jadi, belajar mencintai diri Anda. Dunia media dan fashion dapat membuat Anda merasa tidak memadai. Tapi tidak ada yang perfect. Bahkan bintang terkenal seperti Nicole Kidman, Angelia Jolie dan Victoria Beckham, juga  memiliki meragukan diri mereka sendiri.

Menjauhi media sosial
Melihat foto-foto teman Anda dari sekolah dapat mengurangi harga diri Anda secara signifikan apalagi jika Anda melihat hidupnya lebih baik atau penampilannya menakjubkan. Jika Anda merasa rendah, cobalah menghindar dari jaringan sosial untuk sementara waktu. Log off dan fokus pada kesenangan dalam Anda sendiri.

Olahraga
Banyak dari kita menghindari aktivitas olahraga karena malas atau malu dengan pakaian olahraga yang terlalu ketat. Karenanya, pilih aktivitas yang Anda nikmati seperti berenang yoga, zumba, tenis, menari atau karate

Membantu orang lain kapan pun Anda bisa
Apakah itu mengunjungi rumah sakit setempat, menyumbangkan waktu Anda untuk alasan amal atau hanya menengok mereka. Membantu berbagi atau menawarkan layanan untuk orang lain memicu bagian kesenangan otak Anda, meningkatkan rasa percaya diri Anda. Jadi Anda memberikan dorongan orang lain, Anda bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda sendiri.

Fokus pada hal positif
Jadi, bukannya fokus pad ahal yang bikin Andakhawatir tentang hari yang buruk di tempat kerja, luangkan waktu untuk bersukacita dalam tiga hal kecil yang membuat Anda bahagia dan melihat diri Anda akan tampil lebih percaya diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro