Ivan Gunawan menampilkan rancangan busana dalam IFW 2016/Reni Efita Hendry
Fashion

Angkat Tema Etnik, 4 Selebriti Peragakan Busana Rancangannya di IFW 2016

Reni Efita
Jumat, 11 Maret 2016 - 10:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Empat selebriti  bergabung mengadakan peragaan busana  bertajuk Star on Famous pada acara show Indonesia Fasion Week 2016 di JCC, Kamis (10/3/2016)

Keempat selebritis itu adalah Ivan Gunawan,  Rossa, Raffi Ahmad, dan Melly Goeslow. Semua selebriti yang terjun dalam dunia fashion itu mengangkat etnik Indonesia sebagai inspirasi rancangnnya.

Ivan Gunawan merancang busana laki-laki dan perempuan yang mengolah kain batik, dan lurik. Kreativitasnya ditampilkan melalui seni patchwork  yang menggabung kain batik, bahan lurik dan bahan polos  dengan  kombinasi  ukuran yang beragam.

Batik pesisiran  dengan  motif ukuran kecil dan berwarna dasar kream menjadi pilihannya. Motif flora dipadukan  kain bermotif garis-garis kecil warna biru muda. Untuk menetralkan warna bahan batik yang  bermotif itu dipadukan dengan bahan warna kream yang  polos. Misalnya kemeja yang  bagian depan warna kream polos,  lengan bermotif batik dan bagian belakang bermotif garis-garis. “Saya menampilkan busana memadukan 3-4 motif,” kata Ivan.

Penampilan busana bagian depan dan bagian belakang berbeda, sehingga tidak monoton, namun pada bagian tertentu Ivan tetap mempertahankan potongan klasik yang tetap seimbang  seperti   lengan  dan krah yang tetap tampil seimbang dan sama bagian kanan dan kiri.

Kesan rancangan busana Ivan tampil gaya, jiwa muda dan  berseni.

Berbeda dengan Raffi Ahmad yang meluncurkan busana dengan brand RA Jeans.  Koleksinya terdiri busana untuk laki-laki dan perempuan yang menggunakan bahan jean untuk celana dan blus dari dari bahan kaos, T-shirt, denim, outterwear, jaket, sweater hoodie. Target marketnya laki atau perempuan usia 16-35 tahun. Harganya berkisar Rp99.000-Rp349.000

Lalu Rosa mengangkat  tema Kinanti by Kain yang terinspirasi dari  keindahan flora fauna dan ragam warisan budaya  Indonesia. Pada rangkaian koleksi Rossa banyak kain daerah yang ditampilkannya   seperti kain ikat Bali, batik mega mendung dari Cirebon, batik parang dan kawung dari Jawa, anggrek hitam dari Kalimantan dan ragam fauna.

Kinanti yang terinsiprasi dari sebuah tembang dari tanah Sunda yang didalamnya memeiliki tujuan untuk menyadarkan kita sebagai bangsa Indonesia pewaris kebudayaan para leluhur Nusantara.

Dia memadukan motif batik megamendung dengan motif lain yang dirancang berukuran kontemporer.  Koleksinya dapat berupa rok, blus, jubah yang terbuat dari bahan lace. Rancangan  Rossa tampil dengan kesan feminin, dan berjiwa muda.

Kemudian penyanyi Melly Koelow menampilkan busana  bertajuk Aleabe yang kebanyakan berwarna hitam, abu-abu dengan konsep freestyle dan draperi yang unik sebagai aksennya dan asimetris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro