Soundcloud/Forbes
Musik

Tiga Aplikasi Streaming Musik yang Patut Dicoba

Agnes Savithri
Senin, 14 Maret 2016 - 14:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kualitas Internet yang semakin cepat mendorong munculnya beragam aplikasi streaming. Video, film, hingga musik dengan mudah bisa didapatkan menggunakan aplikasi streaming.

Aplikasi-aplikasi yang tersedia di pasaran ini mempermudah para pengguna tanpa harus repot mengunduh file yang ingin dilihat atau didengar. Salah satu jenis aplikasi streaming yang cukup populer beberapa tahun belakang ini adalah streaming musik.

Para penikmat musik tak perlu repot ketika ingin mendengarkan lagu kesayangannya. Beberapa musisi pun bekerja sama dengan aplikasi musik ini dalam memasarkan musiknya agar mengurangi pembajakan.

Berikut beberapa aplikasi streaming musik yang dapat Anda coba:

1. DEEZER

Bagi pencinta musik, rasanya tak boleh ketinggalan mencoba aplikasi musik streaming Deezer. Aplikasi streaming musik asal Prancis ini memiliki koleksi hingga 35 juta lagu. Saat ini, aplikasi ini pun telah menyediakan lagu-lagu para musisi Indonesia yang dapat diakses oleh pengguna Deezer yang tersebar di 180 negara.

Pada bulan pertama, pengguna yang melakukan sign in akan mendapatkan layanan gratis selama sebulan penuh. Namun, selanjutnya akses streaming di aplikasi ini mengharuskan penggunannya berlangganan dan membayar layanan premium seharga Rp73.000 per bulan.

Platform ini menyediakan beberapa fitur yakni pengguna bisa mengunduh yang mereka inginkan sehingga ketika jaringan sedang offline, lagu tetap dapat didengarkan.

Gudang musik yang dibuat Deezer cukup rapi sehingga memudahkan penggunanya. Aplikasi ini pun akan menawarkan beberapa musik berdasarkan playlist lagu yang diputar oleh pengguna.

Saat ini aplikasi ini dapat diakses melalui iOS dan Android melalui toko aplikasi dan website.

2. JOOX

Aplikasi besutan MNC Tencent ini merupakan aplikasi streaming yang menawarkan daftar lagu lokal hingga musik mancanegara. Di Tanah Air sendiri, aplikasi ini telah menggandeng beberapa label untuk bekerja sama.

Deretan nama label musik seperti Universal Music, Warner Music, Musica Studio, Alfa Records, dan Trinity Production telah melakukan kerjasama dengan Joox, sehingga pendengar pun dapat mendengarkan musik secara legal.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah streaming musik secara online maupun offline, free radio dan lyric.

Aplikasi ini menawarkan dua jenis keanggotaan, yakni VIP dan biasa. Jika menggunakan layanan VIP, pengguna bisa mengakses semua lagu tanpa batasan. Di samping itu, pengguna bisa menggunakan fitur offline play yang memungkinkan pemutaran lagu ketika tidak terhubung dengan Internet.

Namun, akses premium ini tentunya dengan catatan harus membayar biaya berlangganan terlebih dahulu. Ada beberapa penawaran harga dari mulai Rp25.000 untuk satu minggu, hingga Rp509.000 untuk 1 tahun. Aplikasi ini telah tersedia untuk platform iOS dengan mengakses Appstore dan Android di Google Playstore.

3. SOUNDCLOUD

Aplikasi streaming berikutnya adalah Soundcloud. Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya mengunduh lagu mereka sendiri, sehingga pengguna aplikasi dapat mempromosikan dan mendistribusikan rekaman mereka sendiri.

Aplikasi yang didirikan di Berlin, Jerman ini memungkinkan musisi meng-upload musik mereka dengan URL khusus dan dapat dikombinasikan dengan Twitter dan Facebook untuk membiarkan anggota menjangkau khalayak yang lebih baik.

Aplikasi ini sering pula digunakan oleh para musisi baru untuk memperkenalkan karyanya atau para penggemar yang menyanyikan kembali lagu favorit musisi mereka. Soundcloud dapat dinikmati melalui aplikasi mobile yakni Android dan iOS maupun versi website.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (13/3/2016)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro