Europalia/mailout.co
Travel

Indonesia Tema Pameran Seni & Budaya Europalia

Nancy Junita
Kamis, 17 Maret 2016 - 15:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia akan jadi negara tema dari pameran art and culture, Europalia yang akan berlangsung empat bulan, dari Oktober hingga Januari 2017.

Dalam pameran tersebut, seni dan budaya Indonesia akan dipertontonkan. Selain itu, arsitektur dan kuliner khas Indonesia juga akan menjadi suguhan utama.

Dikutip dari situs Wonderful Indonesia, Rabu (16/3/2016), Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi Retno menjelaskan, festival tersebut akan menyajikan berbagai karya seni mulai dari musik, fotografi, film, teater, tarian, sastra, arsitektur, lukisan, fashion, hingga gastronomi.

 Europalia merupakan pameran seni dan budaya yang digelar dua tahun sekali di Eropa. Sebelumya, pada 2015, pameran itu mengambil tema negara Turki.

 Indonesia merupakan negara kedelapan di luar Uni Eropa yang terpilih menjadi tema Europalia. Berutur-turut, Jepang (1989), Meksiko (1993), Rusia (2005), China (2009), Brasil (2011), India (2013) dan Turki (2015).

 Terpilihnya Indonesia, kata Retno menjadi potret negeri ini merupakan bangsa besar yang memiliki keragaman seni dan budaya.

Pameran itu tidak saja melibatkan Belgia tetapi juga beberapa negara di Eropa lain. Di Belgia, pameran akan digelar di banyak kota.

 Menurut Retno, negara-negara Eropa memilih Indonesia sebagai negara tema karena Indonesia merupakan negara besar dengan beragam seni dan budaya.

 "Ini kolaborasi dan partisipasi besar bagi Indonesia. Pemilihan Indonesia jadi tema menunjukkan potret Indonesia di Belgia dan Eropa," katanya.

 Pameran Europalia merupakan ajang besar bagi para seniman di Eropa. ‎Nantinya akan dipamerkan 4 disiplin seni yaitu Herritage (warisan budaya Indonesia), Contemporary (pertunjukan seni kontemporer para seniman Indonesia), Creation (kreasi baru karya para seniman Indonesia yang mengikuti program ini), dan Exchange (kolaborasi seni seniman Indonesia dan Eropa).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Indonesia Travel
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro