Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016 Hadirkan 4 Jenis Wayang

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan membuka pertunjukan kesenian wayang bertajuk Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016 yang akan berlangsung di Parkir Timur Senayan Jakarta pada hari Sabtu, 26 Maret 2016.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Maret 2016  |  14:07 WIB
Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016 Hadirkan 4 Jenis Wayang
Ilustrasi - Jibiphoto/Sunaryo Haryo Bayu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan membuka pertunjukan kesenian wayang  bertajuk  “Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016” yang akan berlangsung di Parkir Timur Senayan Jakarta  pada hari Sabtu, 26 Maret 2016.

Pertujukan even budaya yang diselenggarakan oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kementrian Pariwisata (Kemenpar) ini merupakan pertama kali dalam rangka mempromosikan wayang sebagai atraksi seni budaya serta mendukung program Pesona Indonesia yang tahun ini mentargetkan 260 juta perjalanan wisatawan nusantara (wisnus)  dan akan meningkat menjadi 275 juta wisnus pada 2019.

Pertunjukan wayang tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong kreativitas para seniman dan pelaku seni di bidang seni pedalangan dan pewayangan  supaya pertunjukan wayang dijadikan sebagai atraksi wisata budaya, serta mendorong minat masyarakat untuk  berwisata budaya dengan lebih mengenal, memahami, dan menghargai atraksi wisata budaya dalam kreasi seni pedalangan dan pewayangan.

Menpar Arief Yahya mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah untuk melestarikan pertunjukan wayang dan menjadikan wayang sebagai atraksi wisata budaya sebagai warisan leluhur Bangsa Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap seni pewayangan dan juga persembahan Indonesia kepada dunia dan untuk meningkatkan citra wayang sebagai daya tarik bagi wisnus maupun wisatawan mancanegara (wisman). Pemerintah (Kemenpar)  mendukung penuh kegiatan pelestarian budaya bangsa untuk memajukan sektor pariwisata,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Jum’at (18/03).Pertunjukan wayang “Semarak Wayang Pesona Indonesia” dikemas dengan konsep modern, menggunakan bahasa yang mudah dicerna, serta menyajikan lakon yang lebih aktual dan kontekstual mengenai peristiwa terkini. Pertunjukan ini akan menyajikan empat jenis wayang yaitu; wayang Ajen, wayang kulit Langen Budaya Indramayu, wayang kulit Tuton Jawa, dan wayang golek Mursidin Banten.

Keempat jenis wayang yang memiliki ciri khas berbeda tersebut masing-masing akan disajikan oleh dalang kondang. Selain itu untuk lebih memperkenalkan seni pertunjukan wayang kepada generasi muda juga diselenggarakan workshop seni pertunjukan wayang yang berlangsung pada sore hari sebelum acara malam pertunjukan.

Menpar Arief Yahya berharap agar  pertunjukan wayang ini dapat  dijadikan sebagai icon Bangsa Indonesia. “Pemerintah berharap pertunjukan ini akan menciptakan iklim kerja sama antara para stakeholder yaitu; para seniman pada umumnya dan pelaku seni pedalangan dan pewayangan pada khususnya, serta industri pariwisata agar even “Semarak  Wayang Pesona Indonesia ” ini dijadikan sebagai daya tarik untuk meningkatkan minat pelaku wisata budaya  sehingga wayang sebagai seni atraksi dapat menjadi icon Bangsa Indonesia dan masuk  dalam calendar of event pariwisata nasional,” kata Menpar Arief Yahya.

Pariwisata Indonesia memiliki keunggulan dalam keragaman budaya (culture),  keindahan alam (nature) dan buatan (manmade). Potensi culture sebesar 65% dikembangkan dalam produk wisata;  heritage dan religi; wisata kuliner dan belanja; dan wisata kota dan desa, sedangkan potensi nature  sebesar 35% dikembangkan dalam produk; wisata bahari, wisata ekologi, dan wisata petualangan. Potensi manmade sebesar 5% dikembangkan untuk wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) dan event, wisata olahraga, dan wisata kawasan terpadu (integreted resort).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wayang
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top