Ilustrasi/Levo
Relationship

7 Strategi Penyelesaian Konflik di Kantor

Andhina Wulandari
Kamis, 31 Maret 2016 - 17:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik dan ketidakcocokan di kantor sangat mungkin terjadi, apalagi dengan beban kerja yang kadang membuat Anda mudah stres.

Untuk bisa menyelesaikannya, Anda perlu strategi khusus agar suasana yang ada tidak makin keruh.

1. Tentukan apakah Anda ingin mengkonfrontasi orang yang memiliki konflik dengan Anda. Dalam hal pekerjaan, lebih baik utarakan langsung hal-hal yang mengganggu Anda, ketimbang menjelek-jelekkan di belakang.

2. Bicara dengan tenang, sopan, dan rasional. Cobalah fokus kepada situasi dan keinginan untuk menyelesaikan konflik. Jangan sesekali terkesan menyerang secara personal, karena hanya akan membuat konflik makin ‘panas’.

3. Hati-hati dalam memperlihatkan kesan bermusuhan, baik dalam nada suara maupun gestur tubuh. Dengan sikap tenang dan bahasa tubuh yang sopan, orang yang memiliki konflik dengan Anda juga akan lebih menghargai apa yang akan Anda katakan.

4. Dengarkan dengan baik apa yang dibicarakan dengan pihak yang berkonflik dengan Anda. Jangan hanya ingin didengarkan, karena orang lain juga berhak untuk mengutarakan pendapatnya.

5. Komunikasikan secara jelas apa yang Anda inginkan, lalu tawarkan juga saran dan rekomendasi untuk penyelesaian konflik. Dalam hal ini, Anda juga harus bisa fleksibel dan mau melakukan kompromi.

6. Bicarakan dengan atasan jika konflik tidak dapat diselesaikan sendiri. Minta atasan untuk menjadi mediator bagi Anda berdua, tapi hindari kesan terlalu banyak mengeluh.

7. Saat merasa tidak cocok dengan pribadi tertentu, coba dulu pahami apa yang membuat dia berperilaku demikian. Mungkin ketika Anda sudah tahu apa penyebabnya, Anda akan mengetahui bagaimana cara menghadapinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Ehow
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro